Ingin Berbisnis tapi Tak Punya Modal? Bagian I

Ingin Berbisnis tapi Tak Punya Modal? Bagian I

Ingin Berbisnis Tapi Tak Punya MODAL? Bagian I

Oleh: Jonru Ginting

Ya, banyak sekali orang yang katanya ingin berbisnis, tapi tak punya modal. Dan gara-gara itu mereka belum mulai berbisnis.

Padahal mereka ingin berbisnis untuk MENGUBAH NASIB. Mereka sudah bosan jadi orang miskin yang selalu terhina, punya banyak utang, terjerat riba, ingin punya mobil dan naik haji tapi sangat sulit terwujud. Mereka ingin berbisnis sebagai SOLUSI. Tapi modal pun tidak ada.

Jangankan modal bisnis. Untuk makan sehari-hari aja susah! Gimana dong, solusinya?

Oke. Begini Sahabatku:

Jika kamu tidak mulai juga berbisnis dengan alasan tak punya modal, maka 1 tahun lagi kamu mungkin belum mulai berbisnis karena alasan yang sama.

Lima tahun lagi pun kamu mungkin belum mulai berbisnis, masih dengan alasan yang sama.

Bahkan 10 atau 20 tahun lagi pun kamu mungkin belum mulai juga berbisnis, tetap dengan alasan yang sama.

Jika seperti ini terus, lantas kapan nasibmu berubah? Kapan utangmu bisa lunas?

“Iya, saya paham. Tapi saya benar-benar tidak punya uang untuk modal berbisnis. Apa yang harus saya lakukan?”

Yuk, simak tulisan ini sampai selesai, ya.

* **

Anda mungkin pernah membaca tulisan saya berjudul “Apakah Anda Berbakat Jadi Pebisnis?” yang saya posting di Fan Page Jonru Ginting tanggal 20 Juni 2022. Pada tulisan tersebut, saya mengajukan pertanyaan khusus untuk Anda yang ingin mulai jadi pebisnis, tapi:

1. Belum punya pengalaman apapun dalam berbisnis.
2. Tidak punya uang sebagai modalnya.
3. Anda saat ini bahkan sedang mengalami kesulitan keuangan, punya banyak utang, dst.

Pertanyaannya adalah:

MISALNYA (ini hanya misalnya ya….), saya punya 10 gram emas 24K dan dijamin 100% ASLI, yang harga pasarannya Rp 10 juta. Tapi saya tawarkan kepada Anda Rp 2 juta saja. Tapi penawaran ini hanya berlaku 5 jam sejak sekarang. Setelah 5 jam, harga kembali ke Rp 10 juta.

MISALKAN Anda sedang tidak punya uang Rp 2 juta, apa yang akan Anda lakukan dengan penawaran tersebut?

* * *

Anda tidak perlu menjawab pertanyaan di atas, karena kuisnya sudah ditutup hehehe….

Pada tulisan ini, saya hendak mengajak Anda untuk membahas jawaban-jawaban yang masuk di kolom komentar.

* * *

Kita akan mulai dengan membahas salah satu komentar yang masuk:

“Kalau nggak (ada) uang ya nggak dibeli, bisa ditawarkan ke orang lain terutama kenalan yg punya uang, sebab Rezki nggak bisa dipaksakan, udah diatur oleh Allah SWT.”

Sebuah jawaban yang sangat bijak. Seandainya yang ditawarkan adalah benda konsumtif seperti Tas Gucci yang tujuannya hanya untuk gengsi-gengsian, tentu jawaban di atas SANGAT TEPAT.

Padahal yang ditawarkan adalah EMAS. Benda yang bisa dibeli saat ini Rp 2 juta, dan langsung jual Rp 10 juta. Anda dapat untung Rp 8 juta hanya dalam hitungan JAM.

Ini adalah PELUANG yang SANGAT BAGUS, kan?

“Iya, itu peluang bagus. Tapi saya kan tidak punya uang Rp 2 juta untuk membeli emas tersebut!”

Iya, saya paham. Justru karena saya tahu Anda tidak punya uanglah, tulisan ini dibuat dan didedikasikan khusus untuk Anda.

Anda bisa melihat komentar-komentar yang masuk pada tulisan berjudul “Apakah Anda Berbakat Jadi Pebisnis?” tersebut. Berikut saya tampilkan beberapa saja di antaranya:

(1) Saya akan pinjam uang, kemudian saya jual kembali dengan harga 10 juta kemudian kemudian lima jam kemudian pinjaman saya kembalikan, kemudian margin penjualannya saya gunakan untuk modal dalam membangun usaha.

(2) Gade kan motor aja dulu.dapet tuh 2 JT.dah dapet emas nya jual sebagian buat tebus motor….dapet untung.

(3) Ajak kawan membelinya dan jual kembali selisih harganya shering provid yang adil 40-60.

(4) kalau bang jonru mengizinkan,emas saya bawa untuk dijual…
setelah itu uang hasil penjualan,yang 2 juta buat bayar ke bang jonru.
jadi saya cuma modal tenaga saja

* * *

Maaf, saya tidak menampilkan semua jawaban, cukup 4 saja sebagai sampel, agar tulisannya tidak panjang.

Dari jawaban-jawaban di atas, kita bisa melihat bahwa:

WALAU TIDAK PUNYA UANG, mereka mau mengupayakan APA SAJA agar bisa menangkap PELUANG yang tidak akan terulang lagi:

Jawaban Nomor (1) = Pinjam uang

Jawaban Nomor (2) = Menggadaikan motor

Jawaban Nomor (3) = Mengajak teman sebagai investor, lalu bagi hasil dari selisih harganya

Jawaban Nomor (4) = Menjadi perantara

(NB: 4 hal di atas hanya beberapa contoh solusi. Solusi lainnya masih banyak. Saya yakin Anda bisa menemukan solusi paling tepat).

Mengapa mereka BERANI melakukan itu semua? Karena yang mereka lihat bukan harga Rp 2 juta. Yang mereka lihat adalah PELUANG mendapatkan profit Rp 8 juta. Demi menangkap peluang itulah, mereka berani berutang, menggadaikan motor, dan sebagainya.

Nah, inilah intinya! Orang yang berbakat bisnis tidak melihat berapa modal yang harus dikeluarkan. Yang mereka lihat adalah berapa peluang penghasilannya.

* * *

Jadi apa solusinya jika Anda ingin berbisnis tapi tidak punya modal?

Sebenarnya tidak perlu lagi dijelaskan. Contoh cerita di atas sudah memberikan jawaban yang SANGAT JELAS:

Bahwa ternyata: MODAL yang sebenarnya bukan uang. Sebab uang bisa diupayakan, bisa diperjuangkan.

Modal utama dalam berbisnis adalah Kekuatan Mental, Keyakinan, Sikap Optimis, dan KEBERANIAN untuk memulai.

* * *

Nah, khusus bagi Anda yang sudah SANGAT YAKIN dan SANGAT INGIN Gabung dengan bisnis PT BEST, namun selama ini masih terkendala modal, semoga ulasan di atas bisa menberikan inspirasi yang Luar Biasa bagi Anda untuk SEGERA ACTION.

Apalagi karena potensi penghasilannya bukan Rp 8 juta. Itu sih sangat kecil bagi PT BEST hehehe…

Saya misalnya, bisa beli mobil seharga Rp 126 juta hanya dalam waktu 5 bulan setelah gabung. CASH, tanpa utang, tanpa riba, tanpa cicilan apapun.

Alhamdulillah….

Jonru Ginting