Kiat agar Bebas Utang Bebas Riba | Bagian 7: Amalan Khusus

Kiat agar Bebas Utang Bebas Riba | Bagian 7: Amalan Khusus

Kiat agar Bebas Utang Bebas Riba. Bagian 7: Amalan Khusus

Oleh: Jonru Ginting

Sebenarnya, ada banyak amalan yang bisa kita praktekkan agar bebas hutang bebas riba. Berikut saya sampaikan 3 di antaranya.

Walau hanya tiga, namun insya Allah amalan-amalan ini Sangat Dahsyat Hasilnya.

1. Membaca Al quran Surah Ali Imran ayat 26 dan 27

Di zaman Rasulullah, ada seorang sahabat bernama Muadz. Beliau rajin shalat berjamaah di masjid. Namun suatu hari, Rasulullah tidak melihat kehadiran beliau di masjid. Maka saat bertemu lagi di masjid, Rasulullah pun bertanya.

Muadz pun bercerita bahwa dirinya sebenarnya sudah berangkat untuk shalat ke masjid. Namun di perjalanan, dia dihadang dan disekap oleh seorang Yahudi, karena Muadz punya utang pada orang tersebut.

Mendengar cerita ini, maka lahirlah hadits berikut:

“Wahai Muadz! Maukah engkau kuajari suatu doa yang mana seandainya engkau mempunyai tanggungan hutang sebesar gunung uhud, kemudian engkau berdoa dengan doa tersebut, niscaya Allah akan membayar hutangmu. Ucapkanlah “(QS Ali Imron 26-27) kemudian ucapkan, Wahai Dzat yang Maha Pemurah di dunia dan di akhirat, yang Maha Penyayang di dunia dan di akhirat, Engkau berhaq dan berkuasa memberikan keduanya kepada orang-orang yang Engkau kehendaki, dan Engkau juga berhaq dan berkuasa menghalangi dari keduanya pada orang-orang yang Engkau kehendaki. Ya Allah limpahkanlah kasih sayangMu kepadaku, sehingga aku tidak butuh lagi dengan kasih sayang dari selain Engkau.” (HR Thabrani, Ibnu Abi Dunya)

Berikut adalah terjemahan Surah Ali Imran ayat 26 dan 27 (Tapi jangan baca terjemahannya ya. Silahkan baca ayat aslinya dari Al Quran).

Katakanlah: “Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. (QS Ali Imran: 26)

Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau beri rezki siapa yang Engkau kehendaki tanpa hisab (batas)”. (QS Ali Imran: 27)

Jadi silahkan amalkan membaca Surah Ali Imran ayat 26 dan 27. Tapi perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut:

1.      Semua ayat Al Qur’an adalah firman Allah SWT, jadi jangan dibeda-bedakan.

2.      Jangan menganggap ayat ini adalah sebuah sosok yang memperlancar rezeki. tetapi Allah-lah yang memperlancar rezeki kita. Ayat ini adalah wasilah bagi keyakinan yang signifikan bahwa akan ada pertolongan yang besar dari allah Allah SWT untuk kita.

3.      Bacalah dengan mengerti maknanya dan asbabun nuzulnya (silahkan dicari sendiri ya)

4.      Hayatilah dengan hati, sehingga mengetarkan keyakinan bahwa rezeki kita akan berubah dramatis. Jika perlu, bacalah sambil menangis, menghiba minta pertolongan Allah dengan penuh penghayatan.

5.      Segala hasil semuanya atas kehendak Allah SWT. Jadi jangan sampai Anda putus asa ketika nampaknya belum ada hasil.

Catatan:

Tidak ada keharusan untuk menghafal surah Ali Imran ayat 26 dan 27. Namun jika menghafalnya, Anda bisa membaca kedua ayat ini sesering mungkin. Bisa dibaca sambil nyetir mobil, sambil mengepel, sambil jalan kaki, dan seterusnya. Karena itu, usahakan untuk menghafalnya, ya.

2. Menyembelih Hewan Ternak

Ini termasuk amalan yang masih sangat jarang diketahui oleh umat muslim. Buktinya: Saat saya cari di Google dan Youtube, tak ada tulisan dan video yang membahasnya. Tak ketemu.

Padahal saya mendapat info tentang amalan ini dari seorang ustadz ahli sunnah, dan sudah banyak orang yang membuktikan kedahsyatan amalan ini. Bahkan dalilnya berasal langsung dari Al Quran, bukan hadits.

“Allah-lah yang menjadikan hewan ternak untukmu, sebagian untuk kamu kendarai dan sebagian lagi kamu makan. Dan bagi kamu (ada lagi) manfaat-manfaat yang lain padanya (hewan ternak itu) dan agar kamu mencapai suatu keperluan (tujuan) yang tersimpan dalam hatimu (dengan mengendarainya). Dan dengan mengendarai binatang-binatang itu, dan di atas kapal mereka diangkut. (Terjemahan Al Quran surah Al Ghafir 79-80)

Dan ada satu dalil lagi yang berasal dari hadits shahih:

“Tidaklah seorang anak Adam melakukan pekerjaan yang paling dicintai Allah pada hari nahr kecuali mengalirkan darah (menyembelih hewan kurban).” {HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan Al Hakim dengan sanad sahih, lihat Taudhihul Ahkam, IV/450}

Menyembelih hewan ternak yang dimaksud bisa berupa kambing, sapi, bahkan ayam dan bebek juga bisa. Intinya adalah hewan ternak. Tapi tentunya harus hewan yang halal, ya. Masa babi juga disembelih, hehehe…. #JustKidding

Saat menyembelih hewan ternak tersebut, silahkan berdoa, meminta kepada Allah agar hajat kita dikabulkan. Dalam hal ini adalah hajat agar bebas hutang bebas riba.

Akan lebih baik lagi jika daging hasil sembelihan tersebut disedekahkan, misalnya kepada anak yatim, penghafal Al Quran, dan sebagainya.

3. Mendoakan Orang Lain secara Diam-diam

Kita tentu sudah sering mendoakan diri sendiri. Tapi pernahkah kita mendoakan orang lain tanpa sepengetahuan orang tersebut?

Yang kita doakan bukan hanya orang-orang yang kita cintai. Kita juga berdoa untuk orang-orang yang tidak kita kenal.

Bahkan akan lebih dahsyat lagi jika kita mendoakan kebaikan untuk mereka yang pernah mendzalimi kita. Masya Allah!

Kenapa mendoakan orang lain itu sangat dahsyat efeknya? Karena:

1. Jika kita mendoakan diri sendiri, malaikat belum tentu meng-aamiin-kannya.

2. Jika kita mendoakan orang lain, malaikat akan meng-aamiin-kannya dan mendoakan hal yang sama untuk kita.

3. Jadi, mendoakan orang lain sama saja dengan mendoakan diri sendiri, bahkan malaikat pun ikut meng-aamiin-kannya.

Masya Allah! Ternyata mendoakan orang lain jauh lebih menguntungkan dibanding mendoakan diri sendiri. Karena itu, jika kita ingin bebas hutang bebas riba, maka mari doakan saudara kita sesama muslim (siapapun dia) agar mereka bebas hutang bebas riba.

Berikut adalah dalil untuk mendoakan orang lain:

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Doa seorang Muslim untuk saudaranya dengan tanpa sepengetahuan saudaranya itu mustajab. Di atas kepala orang itu ada malaikat yang mencatatnya (malakun muwakkal). Setiap kali orang itu mendoakan kebaikan bagi saudaranya, maka malaikat tersebut mengucapkan amin (semoga Allah mengabulkan) dan untukmu juga seperti itu.” (HR Muslim)

* * *

Nah, Anda ingin bebas utang bebas riba sesegera mungkin? Coba praktekkan tiga amalan di atas, juga amalan-amalan lainnya (yang tentu ada dalil shahihnya, baik dari Al Quran maupun hadits).

Jonru Ginting

Selain kiat di atas, tentunya kita harus BERIKHTIAR atau MENCARI UANG agar utang kita lunas. Ada banyak ikhtiar yang bisa kita lakukan. Namun ikhtiar terbaik adalah BERBISNIS.

Alhamdulillah, PT BEST Syariah telah terbukti membantu ribuan orang terbebas dari jeratan utang dan riba. Orang yang dulu hidup serba kekurangan, kini telah SUKSES dan IMPIAN TERWUJUD.

Anda Ingin MENGUBAH NASIB melalui bisnis PT BEST Syariah? Yuk Baca Info Lengkapnya DI SINI.