Mengenal AIDA; Bukan Perempuan Tapi “Cantik Banget” 🙂

Ya, betul Sekali. AIDA ini aslinya cantik banget. Tapi dia bukan perempuan.

“Lho, bukan perempuan kok bisa cantik? Jangan-jangan dia waria dari Thailand!”

Hehehe… Jangan ngaco ya 🙂

Agar kamu tidak penasaran, yuk kita bahas ya.

AIDA ini sangat cantik, karena dengan mengenal dan menerapkannya, dia bisa menjadi wasilah kesuksesan Anda di bisnis PT BEST Syariah.

AIDA adalah sebuah konsep yang sangat cantik di dunia marketing dan bisnis. Konsep yang menjadi PANDUAN SANGAT PENTING agar kita sukses berjualan, sukses mengclosing calon mitra.

AIDA adalah singkatan dari empat istilah, yaitu:
Attention
Interest
Desire
Action

Yuk kita bahas satu-persatu.

1. Attention

Arti dari attention adalah “menaruh perhatian”. Atau bisa juga diartikan sebagai “mengetahui”. Pada tahap ini, seorang calon mitra (calmit) baru sekadar mengetahui saja. Dia tahu bahwa ada bisnis bernama PT BEST Syariah. Dia menaruh perhatian karena Anda mulai mempromosikannya.

Pada tahap ini, si calmit belum punya sikap atau opini apapun. Apakah ini bisnis riil atau penipuan, terbukti atau hanya omdo, halal atau haram, legal atau bodong, dan sebagainya, dia sama sekali belum tahu. Bahkan mungkin dia tidak mau tahu. Tidak penting untuk cari tahu.

Jadi:
Ketika Anda baru mulai mempromosikan bisnis dan produk PT BEST di media sosial, jadikan ATTENTION ini sebagai niat awal Anda. Niatkan untuk memberitahu teman-teman dan follower Anda, bahwa ada bisnis bernama PT BEST Syariah.

Artinya: Tidak usah berharap mereka langsung gabung. Karena orang yang baru sampai pada tahap attention, dijamin dia tidak akan mau langsung gabung.

Nah, banyak sekali mitra yang baru 10 kali promosi di medsos, langsung menyerah dengan alasan, “Tidak ada yang tertarik.”

Ya, tentu saja belum ada yang tertarik, karena hingga posting ke-10 itu, mereka baru sampai pada tahap attention.

Itulah sebabnya, kita harus tetap konsisten beriklan. JANGAN MENYERAH. Sebab masih ada 3 tahap lainnya yang akan dilalui oleh seseorang sebelum dia gabung menjadi mitra Anda.

2. Interest

Pada tahap Attention, si calmit belum peduli pada bisnis Anda. Dia baru sekadar tahu, tapi dia belum tertarik untuk cari tahu.

Nah, interest (tertarik) adalah tahap kedua yang dilalui oleh calmit. Pada tahap ini, dia mulai tertarik pada bisnis Anda. Dia mulai kepo. Mungkin dia mulai cari-cari informasi.

Apa yang membuat seseorang jadi INTEREST? Jawabannya bisa macam-macam. Karena setiap orang tentu punya preferensi dan minat yang berbeda-beda.

Si A tertarik pada PT BEST karena slogan Go Berkah No Riba.

Si B tertarik karena ustadz Derry Sulaiman ternyata sudah gabung.

Si C tertarik karena di bisnis ini bisa dapat mobil cash hanya dalam waktu 3 bulan.

Dan sebagainya.

Intinya: Yang membuat seseorang tertarik adalah karena ada HAL-HAL UNIK di bisnis PT BEST ini, yang sesuai dengan preferensi dan minat orang tersebut.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk berpromosi dengan cara menonjolkan hal-hal unik tersebut.

3. Desire

Pada tahap Interest, seseorang baru sekadar tertarik. Dia menyadari bahwa PT BEST adalah bisnis yang bagus. Namun dia belum minat untuk gabung.

Mungkin ada teman Anda yang rajin memuji-muji bisnis PT BEST. “Ini bisnis luar biasa!” katanya. Tapi begitu Anda ajak gabung, dia tidak mau dengan berbagai macam alasan.

Saya yakin, Anda pernah ketemu orang seperti itu. Saya juga punya sejumlah teman dan saudara yang demikian. Bahkan mereka sudah melihat langsung reward mobil yang saya dapatkan. Bahkan sering numpang di mobil saya. Tapi mereka belum mau gabung juga.

Kenapa? Karena orang-orang seperti ini baru sampai pada tahap Interest. Dia belum sampai ke tahap Desire.

Apa itu Desire?

Desire adalah “berhasrat” atau “keinginan yang menggebu-gebu”. Jika sudah sampai pada tahap ini, seseorang sudah sangat ngebet untuk gabung PT BEST. Dia ingin segera join.

Apa yang membuat seseorang menjadi DESIRE?

Secara umum, penyebabnya adalah karena dia punya masalah dan YAKIN bahwa PT BEST bisa menjadi solusi untuk masalahnya tersebut.

(1) Mungkin orang tersebut punya banyak utang, terjerat riba. Ternyata PT BEST bisa menjadi solusi bebas utang bebas riba.

(2) Mungkin orang tersebut ingin punya mobil tapi belum sanggup beli. Ternyata di PT BEST kita bisa mendapat reward mobil cash hanya dalam hitungan bulan.

Jika seseorang baru SEKADAR TAHU tentang info (1) dan (2) di atas, maka sesungguhnya dia baru sampai pada tahap Interest. Belum jadi Desire.

Kenapa? Karena dia baru sekadar tahu. Dia belum tahu apakah info tersebut benar atau tidak. Apakah itu sungguhan atau sekadar iming-iming belaka.

Oleh karena itu, kita harus melakukan hal-hal yang membuat orang tersebut tidak sekadar tahu, tapi meningkat jadi YAKIN. Sebab jika sudah YAKIN, dia akan menjadi DESIRE.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan agar si calmit menjadi DESIRE, punya keinginan kuat untuk segera gabung PT BEST.

SATU:

Saat memprospek, sangat penting untuk menggali info tentang “masalah apa yang dihadapi oleh calmit.” Anggap saja Anda adalah dokter, dan calmit adalah pasien. Seorang dokter biasanya bertanya, “Apa keluhan Anda? Gejala apa saja yang dirasakan?” Setelah pasien menjawab, barulah si dokter memberikan obat yang tepat.

Penyakit si pasien adalah MASALAH, obat atau resep dokter adalah SOLUSI.

Jadi, saat memprospek calon mitra, persepsikan diri Anda sebagai PEMBERI SOLUSI, dan si calmit adalah orang yang punya masalah. Anda menawarkan bisnis PT BEST Syariah sebagai SOLUSI untuk masalah yang dihadapi calmit.

DUA:

SENTUH HATINYA. Sebab jika hati seseorang sudah tersentuh, keinginan kuat atau desire akan muncul dengan sangat mudah.

Contoh: Si calmit berkata bahwa dia punya utang Rp 200 juta. Sedang bingung, tidak tahu bagaimana cara membayarnya.

Lalu Anda berkata:

“Jika mengandalkan penghasilan dari pekerjaan saat ini, berapa lama utang Rp 200 juta tersebut bisa lunas? Mungkin puluhan tahun. Selama belum lunas tersebut, Anda tidak akan bisa hidup tenang. Dikejar-kejar oleh debt collector. Apalagi kita kan tidak tahu usia kita sampai kapan, kan? Bagaimana jika kita meninggal sebelum utang lunas? Tentu ahli waris kita yang kasihan. Di alam sana pun, kita tidak akan bisa tenang.

Alhamdulillah, di PT BEST, utang Rp 200 juta tersebut bisa lunas hanya dalam waktu 1 atau 2 tahun saja. Yang penting kamu serius, fokus dan pantang menyerah dalam menjalankan bisnisnya.”

TIGA:

Ajak si calmit ikut seminar. Sebab di dalam seminar, si calmit bisa bertemu dengan para leader peraih reward. Dia bisa melihat langsung mobilnya. Dia akan berada di tengah puluhan hingga ratusan peserta seminar yang membuat dia berpikir, “Wah, ini bisnis yang ramai, peminatnya sangat banyak. Di sini saya bisa bertemu dengan 10 leader peraih reward mobil. Semuanya nyata di depan mata.”

Nah! Itulah sebabnya sangat penting untuk mengarahkan calmit ke acara seminar. Karena seminar merupakan salah satu sarana yang bisa membuat si calmit menjadi DESIRE.

Jika Anda bertemu langsung dengan si calmit, menjelaskan tentang sistem bisnis PT BEST secara detil dan selengkapnya, KEMUNGKINAN BESAR dia hanya sampai pada tahap Interest. Dia sudah tertarik, tapi belum Desire.

Jika Anda mengajak si calmit ikut seminar, maka kemungkinan besar dia tidak akan mau. Sebab dia pikir, “Saya kan sudah tahu bisnisnya seperti apa. Paling nanti isi seminarnya sama saja. Buat apa saya datang!”

Oleh karena itu, sebenarnya kita tidak perlu menjelaskan tentang bisnis PT BEST kepada si calmit. Kalaupun dijelaskan, cukup penjelasan singkat saja, garis besarnya saja.

Kenapa? Karena penjelasan yang tidak tuntas akan membuat si calmit PENASARAN. Rasa penasaran akan membuat dia sangat tertarik untuk ikut seminar.

(PENTING: Jika calmit bertanya, “Apakah ada rekaman seminarnya di Youtube?”, saran saya jangan diberikan walaupun misalnya ada. Kenapa? Karena menonton video rekaman dengan ikut langsung acara seminar, itu suasanya sangat jauh berbeda. Nonton video rekaman hanya akan membuat si calmit jadi Interest, bukan Desire. Jika Anda mempersilahkan si calmit nonton video rekaman, maka Anda menutup kemungkinan si calmit berubah jadi Desire).

Saya bisa bercerita seperti di atas, karena PENGALAMAN SUDAH MEMBUKTIKAN.

Dulu saya suka memprospek calmit dengan cara menceritakan bisnis PT BEST secara detil. Hasilnya:

1. Para calmit tidak mau diajak ikut seminar.
2. Hampir tidak ada yang mau gabung, padahal saya sudah jelaskan bisnisnya secara detil.

Kenapa bisa begitu? Karena penjelasan lengkap yang kita sampaikan, itu membuat si calmit hanya sampai pada tahap INTEREST, belum meningkat ke Desire.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengajak calmit kita menghadiri seminar. Sebab seminar merupakan SALAH SATU sarana yang bisa membuat calmit menjadi desire.

EMPAT:

“Apakah calmit bisa jadi desire tanpa ikut seminar?”

Ya, tentu saja bisa. Karena sekali lagi, tiap orang itu beda-beda.

Berikut adalah beberapa ikhtiar yang bisa kita lakukan agar si calmit menjadi desire:

(1) Pertemukan si calmit dengan leader peraih Pajero atau Luxury.

(2) Perlihatkan video testimoni dari para leader.

(3) Berikan atau jual produk PT BEST dan biarkan si calmit merasakan sendiri manfaatnya.

(4) Ajak si calmit ikut acara SLC (Spiritual Leadership Camp).

Berdasarkan pengalaman, seminar dan 4 hal di atas merupakan FAKTOR PEMICU yang sangat efektif untuk menjadikan calmit menjadi DESIRE.

4. Action

Ketika calon mitra sudah desire, sudah punya keinginan yang sangat menggebu-gebu untuk gabung, itu bukan jaminan bahwa mereka pasti gabung. Bisa saja mereka tidak jadi gabung.

Kok bisa? Ya, tentu sangat bisa.

(1) Mungkin dia belum tahu harus gabung lewat siapa.

(2) Mungkin tiba-tiba dia berubah pikiran.

(3) Mungkin dia belum punya uang.

(4) Mungkin dia mau diskusikan dulu dengan pasangannya.

(5) Dan masih banyak kemungkinan lainnya.

Intinya, kita tetap harus melakukan ikhtiar terhadap si calmit yang sudah Desire. Caranya adalah dengan melakukan FOLLOW UP.

Mengenai tatacara dan kiat-kiat follow up, bisa dibaca pada ebook GRATIS “Kiat Jitu Memprospek Calon Mitra via WhatsApp”. Klik DI SINI.

* * *

Pertanyaan Penting:

“Dulu, ketika saya pertama kali memposting iklan PT BEST di Instagram, ada teman yang menghubungi saya dan langsung gabung hari itu juga. Alhamdulillah sih. Saya sangat senang. Tapi heran aja, kok bisa seperti itu?”

Ya, hal seperti ini sangat mungkin terjadi. Saya pun pernah beberapa kali mengalaminya. Alhamdulillah, diberi kemudahan oleh Allah.

Coba tanyakan kepada teman Anda tersebut, kenapa dia langsung gabung? Saya yakin, itu karena dia sudah melewati tahap Attention, Interest dan Desire dari sumber lain.

Posting Anda menjadi pemicu bagi dia untuk segera ACTION. Dan dia memilih Anda karena Anda adalah temannya.

INTINYA: Tidak mungkin ada orang yang langsung gabung PT BEST Syariah, jika dia baru sampai pada tahap ATTENTION atau INTEREST. Bahkan yang sudah DESIRE pun belum tentu gabung.

Oleh karena itu:

  1. Sangat penting untuk membuat calmit Anda jadi DESIRE. Lalu terus lakukan follow up agar dia segera ACTION.
    .
  2. Beriklan harus dilakukan secara rutin, konsisten, sabar, dan pantang menyerah. Jangan langsung kecewa jika pada iklan pertama atau iklan ke-10 belum ada yang gabung. Karena para calmit Anda harus melewati 4 tahap AIDA tersebut. Dan itu butuh proses yang tidak instan.
    .
  3. Melakukan follow up sangat penting untuk mengubah calmit yang sudah Desire menjadi Action.

Semoga bermanfaat, ya. Salam Sukses Selalu!

Jonru Ginting