Ada Tulisan BELUM Berwarna Merah. Apa Artinya?

 

Jika login ke website PT BEST Syariah, Anda tentu sering melihat tulisan seperti gambar di atas. Di halaman depan, tepatnya di bagian bawah profil Anda, terdapat tulisan “RO Status: BELUM” berwarna merah. Apa artinya?

BEGINI:

Sebagai bisnis perdagangan, tentu di di PT BEST Syariah ada aktivitas jual beli. Memang di bisnis ini tidak ada kewajiban belanja bulanan. Tapi jika ingin sukses di PT BEST, kita tentu perlu meningkatkan omset penjualan. Dan sebelum jualan produk, kita tentu harus belanja dulu ke PT BEST, kan?

Nah, tulisan “RO Status: BELUM” merupakan reminder bahwa di bulan ini Anda belum melakukan belanja atau RO (Repeat Order). Artinya, status tersebut berlaku bulanan.

Jika misalnya tanggal 1 Januari 2022 Anda sudah RO 1 paket, maka kata BELUM tersebut akan berubah jadi angka 1. Jika Anda belanja 3 paket, maka angkanya menjadi 3. Demikian seterusnya.

Lalu jika tanggal 1 Februari 2022 Anda belum RO, maka kata BELUM berwarna merah akan kembali muncul.

“O gitu. Tapi kenapa di akun saya muncul kata BELUM warna merah? Padahal saya baru saja gabung. Saat gabung, saya belanja produk 2 juta. Saya belanja tapi dianggap belum belanja. Kok bisa?”

Jawaban:
Belanja produk 2 juta saat gabung, itu namanya FO atau First Order. Yang kita bahas pada tulisan ini bukan FO, tapi Repeat Order alias RO.

Sebagai mitra yang baru saja gabung, Anda tentu belum melakukan RO. Jadi wajar jika muncul kata BELUM warna merah.

“Saya bulan ini sudah melakukan RO, tapi kenapa tetap muncul tulisan BELUM berwarna merah?”

Begini:

  1. Di PT BEST Syariah, kita bisa melakukan RO atas nama mitra lain (untuk tatacara teknisnya, silahkan bertanya ke leader Anda).
    .
  2. Bagi mitra yang statusnya selain Basic, mereka punya lebih dari 1 Hak Usaha (HU). Mereka bisa melakukan RO atas nama sendiri, namun pakai HU selain HU utama.

Tujuan RO dengan cara di atas adalah agar kita mendapat poin.

Nah, jika melakukan RO dengan cara di atas, maka oleh sistem PT BEST Anda dianggap belum melakukan RO. Yang dianggap melakukan RO adalah orang lain. Jadi wajar jika tulisan BELUM tersebut masih muncul.

Sistem di PT BEST akan menganggap Anda melakukan RO, hanya jika Anda belanja pakai nama sendiri (untuk Basic), atau pakai HU Utama (untuk selain Basic). Jika belanja dengan cara seperti ini, Anda memang tidak dapat poin. Namun sistem PT BEST akan mencatat nama Anda sebagai orang yang melakukan RO.

“Oke, saya mulai paham. Tapi apa sebenarnya tujuan dari pencantuman kata BELUM berwarna merah tersebut? Fungsinya sebagai apa?”

Begini Penjelasannya:

Di PT BEST Syariah terdapat 14 jenis bonus dan reward yang bisa kita dapatkan. Tiga di antaranya merupakan bonus bulanan yang hanya diberikan kepada mitra yang sudah berpredikat New Leader ke atas. Ketiga bonus tersebut adalah:

  1. Bonus Royalti RO
  2. Bonus RO Prestasi
  3. Bonus RO Kepemimpinan

(Jika ingin penjelasan detil tentang 3 bonus di atas, silahkan hubungi leader Anda ya).

Ketika jenis bonus di atas hanya bisa didapatkan jika kita melakukan RO atau belanja sebulan sekali.

“Lho, katanya di PT BEST Syariah tidak ada tutup poin, tidak ada kewajiban belanja bulanan. Tapi kok ada aturan seperti di atas?”

Begini:

Sistem tutup poin dan kewajiban belanja bulanan pada bisnis MLM, biasanya memiliki aturan sebagai berikut:

  1. Jika tidak berhasil tutup poin, maka seluruh bonus dan poin kita pada bulan tersebut hilang tak berbekas. Kita tidak dapat apapun.
    .
  2. Jika tidak melakukan belanja bulanan sesuai target yang ditentukan, maka kita tidak berhak mendapat poin dan bonus. Kita tidak dapat apapun.

Nah, berbeda halnya dengan PT BEST Syariah. Kewajiban belanja seperti dijelaskan di atas hanya untuk mendapatkan 3 jenis bonus saja. Jika misalnya tidak mau belanja bulanan, kita masih bisa mendapat 11 bonus lainnya. Kita masih bisa mendapat:
– bonus sponsorship
– bonus pasangan
– reward motor/mobil/rumah
– dan sebagainya.

Pada kewajiban belanja di PT BEST:

  1. Tidak ada unsur tutup poin.
    .
  2. Jumlah belanjanya tidak ditargetkan. Mau ambil paket termurah Rp 350rb pun boleh.
    .
  3. Hanya berlaku bagi mitra yang sudah berpredikat New Leader ke atas.

“Jika saya belanja RO untuk mendapatkan 3 bonus di atas, berapa jumlah bonus yang akan saya dapatkan?”

Jumlahnya sangat bervariasi, mulai dari Rp 3.500 hingga ratusan juta perbulan

Jumlah yang kita dapatkan tergantung dari besar kecilnya jaringan kemitraan kita, serta seberapa aktif tim kita dalam melakukan pembelanjaan produk.

Jadi bayangkan saja: Anda belanja hanya Rp 350.000 perbulan, tapi dapat bonus Rp 150 juta. Hal seperti ini sangat mungkin terjadi!

* * *

Nah, kata BELUM berwarna merah tersebut merupakan reminder bagi para Leader bahwa mereka belum belanja di bulan ini. Remider agar mereka segera RO agar ketiga bonus tersebut bisa cair.

Adapun bagi Anda yang baru gabung PT BEST, atau belum berpredikat New Leader, maka tulisan BELUM warna merah tersebut tidak perlu dipikirkan. ABAIKAN SAJA. Belum relevan untuk Anda.

Semoga tulisan ini bermanfaat, ya.

Jonru Ginting