Info Bisnis PT BEST Corp Syariah

PT Bandung Eco Sinergi Teknologi (PT BEST) adalah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan langsung atau network marketing. Jadi PT BEST adalah bisnis jual beli atau perdagangan. Yang dijual adalah produk riil yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh masyarakat.

PT BEST bukan bisnis investasi, ponzi, money game, judi trading, dan sejenisnya.

Oleh para mitra kami, nama PT BEST sering diakronimkan menjadi:

  • PT BEST Corp
  • PT BEST Syariah
  • PT BEST Corp Syariah
  • BEST Corp
  • BEST Syariah
  • BEST Corp Syariah
  • dan sebagainya.

Pertanyaan ini sama seperti, “Apakah Indonesia sama dengan Bali?”

Eco Racing dan Eco Farming adalah dua di antara puluhan produk yang dipasarkan oleh PT BEST. Produk lainnya masih banyak. Jadi Eco Racing dan Eco Farming bukan nama bisnis, bukan nama perusahaan. Keduanya adalah nama produk. Lebih tepatnya produk PT BEST.

PT BEST adalah bisnis yang legal, dan semua unsur legalitasnya telah lengkap. Info detilnya bisa dibaca pada bagian “Bisakah dijelaskan tentang profil perusahaan PT BEST ini?”.

NB: Tahun 2018 sempat muncul berita di media bahwa PT BEST merupakan bisnis ilegal (dimuat juga di website OJK pada tahun yang sama). Saat itu proses perizinan PT BEST memang sedang diurus (belum selesai).

Alhamdulillah tahun 2019 proses perizinan PT BEST telah selesai. Di tahun yang sama OJK membuat rilis baru yang menegaskan bahwa PT BEST merupakan bisnis yang legal. Artinya, berita tahun 2018 tersebut tidak lagi relevan sebagai bahan acuan.

Klik di sini untuk membaca rilis OJK tahun 2019.

Tentu sangat boleh, bahkan harus.

Sebab sebelum bermitra dengan perusahaan manapun, tentu kita harus tahu SIAPA MEREKA. Apakah bisa dipercaya? Legalitasnya sudah lengkap atau belum? Sebaik apa manajemen dan keuangan mereka? Apakah mereka mudah dihubungi jika kita ingin komplain?

Perusahaan ini bernama PT. Bandung Eco Sinergi Teknologi, disingkat PT BEST. Biasa juga disebut PT BEST Syariah.

PT BEST berkantor di pusat perkantoran Surapati Core, Bandung. Gedungnya milik sendiri. Bahkan belasan ruko di sekitar kantor mereka adalah milik PT BEST. Ini menunjukkan bahwa PT BEST sudah kuat dari segi finansial.

Lokasinya yang sangat jelas, di dalam negeri pula, akan membuat kita tenang, sebab akan sangat mudah menghubungi mereka.

PT BEST sudah memiliki semua kelengkapan yang berhubungan dengan LEGALITAS:

  • NPWP : 82.642.266.9-429.000
  • Akta Pendirian No. 05 Tanggal 17 Mei 2017
  • Notaris : Drs. Yudi Priadi, S.H.
  • Kep. Menhukam No. : AHU-0063756.AH.01.11
  • SKDP No. : 67/DP/SKJ/VIII/2017
  • Izin Gangguan No. : 0133 /IG/XI/2017/DPMPTSP
  • SIUP No. : 0015/IUP/XII/2017DPMPTSP
  • TDP No. : 101114624198
  • Nomor Induk Berusaha NIB: 8120001861974
  • SK Menkunham No AHU-0063756.AH.01.11
  • Sertifikat Keanggotaan AP2LI No. 03/AP2LI/DN/IX/2018
  • SIUP KBLI 47999 (tanggal terbit: 30 Desember 2019, perubahan ke-4 tanggal 18 Mei 2020)
  • Lampiran Izin Usaha Efektif (tanggal terbit: 30 Desember 2019, perubahan ke-4 tanggal 18 Mei 2020)
  • Terdaftar sebagai anggota KADIN Jawa Barat.
  • Sertifikat HALAL MUI (untuk Sistem Bisnis PT BEST, berdasarkan SK Nomor 009.116.01/DSN-MUI/IX/2021)

Prestasi PT BEST pun sudah diakui oleh banyak kalangan:

Pada ajang Helmy Attamini Award tahun 2020, PT BEST mendapat sejumlah penghargaan PALING BERGENGSI, yakni:

  • Product of The Year (Eco Racing)
  • Member Growth of The Year
  • Most Fastest Growing Company.
Lantas pada ajang Helmi Attamini 2022, PT BEST kembali meraih 3 penghargaan paling bergengsi, yaitu:
  • Product of The Year (Eco Farming)
  • Member Growth of The Year
  • Bisnis Network Marketing Terbaik

Pendiri dan pemilik PT BEST adalah Febrian Agung. Beliau asli dari Solo Jawa Tengah, kelahiran tahun 1984, lulusan ITB, kini ia menetap di kota Bandung.

Orangnya sholeh, taat menjalankan sunnah, rajin sedekah, low profile, dan selama ini terbukti amanah dalam menjalankan bisnis.

Saat usianya sekitar 25 tahun, Febrian Agung pernah menjadi pembayar pajak nomor 1 di kota Bandung. Namun kekayaan justru membuat beliau tergoda untuk main riba. Setelah itu, bisnisnya bangkrut, penghasilannya terhenti, menyisakan utang 20 M, dan cicilan ke bank Rp 750 jutaan perbulan. Setiap hari rumah beliau ditongkrongi oleh 5 orang debt collector.

Pak Febrian Agung pun stres, kapok main riba. Beliau pun berjanji untuk tidak pernah lagi main riba. Beliau juga berjanji untuk membantu umat agar bebas utang bebas riba. Dan janji tersebut beliau wujudkan lewat bisnis PT BEST.

Riba adalah dosa besar, dan ancaman hukumannya sangat berat. Namun sayangnya, sebagian besar masyarakat kita menganggap bahwa riba itu hal biasa.

Salah satu pintu utama riba adalah ketika kita terbiasa membeli barang apapun (kulkas, panci, kipas angin, handphone, motor, mobil, rumah, dst) dengan sistem cicilan. Dan sebagian besar dari cicilan tersebut mengandung riba.

PT BEST ingin menutup pintu riba yang satu ini. PT BEST mengajak masyarakat untuk berhenti berutang dan berhenti main riba.

PT BEST bukan sekadar mengajak, namun sekaligus menawarkan solusinya.

Dengan memasarkan produk-produk PT BEST melalui sistem bisnisnya, kita berkesempatan mendapat reward motor, mobil dan rumah, juga mendapat bonus uang.

Dengan reward dan bonus tersebut, diharapkan kita bisa berhenti berutang dan berhenti main riba.

Seperti inilah cara yang digunakan oleh PT BEST untuk membantu umat agar bebas utang bebas riba.

PT BEST menjual berbagai macam produk:

  • Kesehatan
  • Pertanian & Peternakan
  • Kecantikan
  • Perawatan mesin kendaraan

Jadi produk kami sangat beragam, dengan segmen pasar yang juga beragam:

Ada yang cocok untuk kalangan bawah.

Ada yang cocok untuk kalangan atas.

Ada yang cocok untuk masyarakat perkotaan.

Ada yang cocok untuk masyarakat pedesaan

Info produk selengkapnya bisa dilihat di bagian bawah halaman ini.

  1. Jika belum jadi agen, Anda hanya bisa membeli produk-produk PT BEST pada agen resmi kami. Anda tidak bisa membeli langsung ke kantor PT BEST (tidak akan dilayani).
  2. Saat gabung jadi agen, Anda harus belanja produk lewat sponsor Anda.
  3. Setelah jadi agen, Anda bebas belanja belanja sendiri di kantor PT BEST, di distributor tertentu, atau di stokis tertentu.

Kantor PT BEST hanya melayani penjualan produk kepada agen resmi. Jika Anda belum jadi agen, maka tidak bisa membeli langsung ke kantor PT BEST. Anda bisa belanja ke agen yang Anda kenal.

Produk PT BEST sangat beragam, dan masing-masing produk punya segmen pasar yang berbeda-beda.

Ada produk Eco Racing untuk motor, yang cocok untuk kalangan bawah. Bisa Anda pasarkan kepada driver ojol, pengguna motor, dan sebagainya.

Ada produk Beauty Soap yang kualitas premium dan harganya lumayan, cocok untuk kalangan atas.

Ada produk pupuk organik (Eco Farming) yang cocok untuk kalangan atas maupun bawah. Berdasarkan hasil di lapangan, TERBUKTI biaya pemupukan dengan Eco Farming jauh lebih murah dibanding merk lain (termasuk pupuk kimia). Dan hasilnya: Jauh lebih berkualitas, hasil panen pun lebih banyak.

Justru produk terlaris PT BEST saat ini adalah PUPUK ORGANIK, yang sangat cocok untuk daerah pedesaan, pertanian, dan perkebunan.

Saat ini, hampir semua mitra PT BEST terjun ke desa, memasarkan produk-produk PUPUK ORGANIK kami ke pedesaan.

Dari aktivitas tersebut, mereka berhasil menghasilkan OMSET BESAR. Sebab untuk pupuk, tingkat repeat ordernya sangat tinggi.

PT BEST adalah bisnis penjualan langsung. Oleh  karena itu, produk-produk kami hanya dijual dengan sistem direct selling, alias dijual langsung ke konsumen, tanpa perantaraan saluran distribusi apapun.

Bahkan berdasarkan peraturan pemerintah (Kementerian Perdagangan RI), justru melanggar hukum jika produk-produk PT BEST diperjualbelikan di toko, supermarket, warung, minimarket, dan sebagainya. Bahkan dijual di marketplace dan website pun tidak diperbolehkan.

Benar sekali. Ada beberapa produk PT BEST, seperti Eco Solar, Eco Farming dan Pillow Slow Release yang bisa dijual ke perusahaan besar, ke perkebunan, ke petani yang punya sawah ribuan hektar, dan sebagainya.

Inilah salah satu perbedaan antara PT BEST dengan bisnis MLM.

Pada bisnis MLM, produk-produk mereka hanya bisa dijual ke perorangan. Namanya perorangan, tentu jumlah pembelian mereka hanya sedikit.

Para mitra PT BEST berkesempatan untuk bertransaksi miliaran rupiah, dengan cara memasarkan produk ke perusahaan besar, perkebunan, dan sebagainya.

Semua produk PT BEST – khususnya yang untuk dikonsumsi oleh manusia – telah mendapat sertifikat halal MUI. Adapun produk lain seperti Eco Racing, tentu tidak membutuhkan sertifikat halal.

Sudah. Semua produk PT BEST sudah BPOM dan sudah mendapat izin dari lembaga pemerintahan yang terkait.

Sangat boleh. Produk-produk PT BEST boleh dibeli oleh siapapun. Jika Anda ingin sekadar jadi konsumen saja, maka tidak perlu jadi agen. Cukup jadi konsumen biasa saja.

Namun jika Anda ingin mendapat harga yang lebih murah (baik untuk konsumsi sendiri atau untuk dijual lagi), maka menjadi agen adalah pilihan terbaik.

NB: Untuk agen, tersedia potongan harga mulai dari 33% hingga 60%.

Sangat boleh. PT BEST memiliki puluhan jenis produk yang siap untuk Anda pasarkan. Namun Anda bebas memasarkan produk manapun, terserah Anda.

Anda mau fokus pada produk Eco Farming saja, BOLEH.

Anda mau fokus pada produk LVN Collagenia dan Hapspro saja, BOLEH.

Anda mau fokus pada produk Eco Racing saja, BOLEH.

Intinya, semua terserah Anda.

Dari perusahaan, tidak ada kewajiban untuk membeli atau memasarkan produk tertentu.

Ada TIGA Alternatif Cara Menjalankan Bisnis PT BEST, yaitu:

1. Sebagai Konsumen Saja

Anda bisa gabung PT BEST dengan tujuan hanya sebagai pemakai produknya saja. Sebab sebagai mitra, Anda akan mendapat harga yang jauh lebih murah.

Poin untuk  mendapatkan reward di PT BEST dihitung dari jumlah omset (bukan jumlah orang), lebih tepatnya omset PEMBELANJAAN. Artinya: Anda hanya fokus belanja produk untuk dipakai sendiri pun, bisa dapat reward Pajero, dst.

2. Jual Beli Konvensional

Anda bisa menjalankan bisnis PT BEST dengan cara yang sama seperti jual beli konvensional. Bahkan keuntungan yang Anda dapatkan bisa jauh lebih besar, yaitu:

Harga konsumen Rp 250rb
Harga mitra antara Rp 125rb hingga Rp 175rb

Hm… marginnya sangat besar, kan? Mana ada bisnis lain di luar sana yang margin harga produknya setinggi ini! Hanya di PT BEST. Masya Allah!

Produk-produk PT BEST sangat berkualitas dan bermanfaat. Umumnya mereka yang sudah pakai produk-produk PT BEST akan ketagihan. Sehingga tingkat repeat order di bisnis ini sangat tinggi (padahal tidak ada sistem tutup poin, target penjualan, dan kewajiban belanja bulanan yang memberatkan).

3. Menjalankan Sistem Bisnisnya

PT BEST adalah bisnis penjualan langsung berjenjang syariah. Artinya, di bisnis ini Anda bisa membangun tim dan membina mereka agar bisa SUKSES BERJAMAAH.

PT BEST adalah bisnis kerjasama tim, bukan bisnis sendirian. Karena kerjasama tim, maka insya Allah sukses pun bisa tercapai dengan jauh lebih mudah.

* * *

“Apa Perbedaan KEUNTUNGAN yang saya dapatkan dari 3 alternatif di atas?”

Untuk nomor 1 dan 2: yang bisa Anda dapatkan adalah:

  1. Margin dari harga produk.
  2. Reward motor, mobil dan rumah.

Untuk nomor 3: Anda bisa mendapatkan:

  1. Margin dari harga produk.
  2. Reward motor, mobil dan rumah.
  3. Bonus harian, bonus mingguan, bonus bulanan.

Bonus inilah yang membedakan alternatif 3 dengan 1 dan 2.

Jika Anda hanya sebagai pemakai, atau hanya jual beli biasa, maka Anda tidak bisa dapat bonus harian, bonus mingguan dan bonus bulanan. Namun Anda tetap berkesempatan untuk mendapat reward motor, mobil, dan rumah.

Anda mau pilih yang mana?

Keputusan di tangan Anda.

Yang jelas: Yang manapun pilihan Anda, semuanya MENGUNTUNGKAN.

Jika Anda memilih alternatif 3, yakni menjalankan bisnis PT BEST, maka caranya sangat mudah. Anda hanya perlu melakukan PCA, yaitu:

  1. PAKAI. Gunakan/Pakai sendiri produk yg anda beli dan rasakan manfaatnya.
    .
  2. CERITAKAN. Ceritakan pengalaman anda kepada orang lain tentang manfaat yang anda rasakan setelah menggunakan produk-produk PT BEST Syariah. Ini merupakan hal yang sangat mudah, kan? Bahkan orang yang tidak pintar jualan pun bisa, karena kita hanya perlu menceritakan pengalaman.
    .
  3. AJAK. Ajak mereka untuk membeli produk-produk tersebut, atau untuk bergabung menjadi mitra PT BEST Syariah.

“Tapi saya tidak pintar mengajak orang dan tidak pintar jualan!”

Jangan khawatir. Jika Anda sudah merasakan sendiri manfaat produknya, sudah sangat yakin dengan produknya, maka urusan mengajak orang dan berjualan sebenarnya sangat mudah. Sebab semuanya berawal dari keyakinan.

Salah satu hal yang membuat kita sulit mengajak orang adalah:
Karena kita sendiri tidak yakin dengan produk yang dipromosikan.

Sedangkan jika kita sangat yakin, pasti urusan ngajak orang dan berjualan sangat mudah dilakukan. Betul?

Itulah sebabnya, di PT BEST kita pakai sistem PCA, sehingga kita hanya perlu menceritakan pengalaman saja.

Semua orang pasti bisa menceritakan pengalamannya. Betul?

Lagipula, PT BEST Syariah adalah bisnis kerjasama tim. Bukan bisnis sendirian. Artinya:

1. Anda akan dibimbing oleh para leeader.

2. Jika Anda memang tidak bisa jualan, maka Anda bisa merekrut teman yang pintar jualan. Jadikan dia sebagai mitra Anda. Lalu bimbing dia agar sukses jualan.

Nah, seperti inilah cara kerja bisnis PT BEST Syariah. Sangat mudah, kan?

PT BEST Syariah memang bisnis perdagangan. Jual beli. Namun yang ditawarkan oleh bisnis ini bukan sekadar jual beli.

Jika hanya jual beli biasa, tentu saya tidak perlu menjelaskan sepanjang ini, kan?

Jika hanya jual beli biasa, tidak mungkin kita bisa mendapat reward mobil hanya dalam hitungan 3 bulan, bahkan 3 minggu! (SUDAH ADA BUKTINYA)

Selain jual beli, hal penting lainnya yang perlu kita lakukan di PT BEST Syariah adalah membangun jaringan kemitraan. Kita mengajak teman-teman kita untuk bergabung. Lalu mereka menjadi mitra kita. Lalu kita bekerja sama menjalankan bisnis ini. Gotong royong. Sehingga kita pun SUKSES BERJAMAAH.

Dari jaringan kemitraan inilah, kita berkesempatan untuk mendapat PASSIVE INCOME. Sebab banyak sekali bonus yang berasal dari aktivitas kita dalam membangun jaringan kemitraan.

CATATAN PENTING:

Membangun jaringan kemitraan memang penting. Namun TIDAK ADA KEHARUSAN MEREKRUT MEMBER. Tanpa merekrut member pun (hanya fokus jualan), kita BISA mendapat reward motor, mobil, rumah, umroh, dan haji.

Ya, menjalankan bisnis PT BEST relatif lebih mudah dibanding bisnis lain. Tapi perlu dipahami bahwa PT BEST bukan bisnis yang menjanjikan kesuksesan secara instan dan mudah tanpa kerja keras. Tentu saja, kerja keras dan proses perjuangan yang biasa dihadapi di manapun, akan kita hadapi juga di PT BEST.

Berita baiknya, ada beberapa faktor yang bisa mempermudah kita dalam menjalankan bisnis PT BEST, yaitu:

SATU:

Tidak ada sistem tutup poin, target penjualan, dan aturan-aturan lain yang memberatkan. Info lengkap bisa dibaca pada bagian “Apakah PT BEST itu MLM?”

DUA:

Poin di PT BEST bersifat akumulatif: Tanpa reset, tidak pernah hangus atau hilang, dan tanpa masa berlaku. Poin akan nambah terus.

Hal ini menyebabkan kita bisa menjalankan bisnis ini dengan santai, tak perlu mikirin target apapun. Jalankan saja bisnisnya sesuai kemampuan, sehingga poin akan terus bertambah. Anda tidak perlu takut atau stres mikirin poin yang hilang, reset, hangus, atau daluwarsa.

TIGA:

Kita tidak perlu merekrut sebanyak mungkin orang. Sebab di PT BEST, yang harus kita lakukan adalah memperbanyak omset, bukan memperbanyak orang.

Di PT BEST, poin untuk mendapatkan reward dihitung dari jumlah omset, bukan jumlah orang.

Oleh karena itu, di PT BEST kita tidak harus merekrut sebanyak mungkin orang. Anda hanya punya 2 orang tim pun tak masalah. Jika kalian bertiga bisa menghasilkan omset besar, maka sukses di bisnis ini pun insya Allah mudah diraih.

Bahkan tanpa punya tim alias kerja sendirian pun bisa sukses di PT BEST. Yang perlu Anda lakukan adalah fokus jual beli saja.

EMPAT:

Kita tidak harus pintar jualan, tidak harus pintar merekrut orang. Karena di PT BEST, yang perlu kita lakukan adalah MENCERITAKAN PENGALAMAN.

Di PT BEST, kita diajak menjalankan bisnis dengan dengan metode PCA, yaitu:

PAKAI
CERITAKAN
AJAK

PAKAI produknya agar bisa merasakan manfaatnya.

CERITAKAN pengalaman kita kepada orang lain, alias testimoni alamiah.

AJAK mereka untuk ikut memakai produknya, atau gabung jadi agen.

Semua orang pasti bisa menceritakan pengalaman. Inilah sebabnya, orang yang tidak pintar jualan dan tidak pintar merekrut orang pun bisa menjalankan bisnis PT BEST dengan mudah.

LIMA:

Kita tidak perlu memberikan penjelasan detil tentang bisnis PT BEST. Terutama Anda yang baru gabung, tentu belum terlalu paham tentang sistem bisnis PT BEST.

Cukup ajak teman Anda untuk mengikuti seminar bisnis PT BEST. Anda cukup mendampingi saja. Biarkan presenter seminar yang memberikan penjelasan.

Setelah teman Anda paham dan yakin, Anda bisa memfollow up dan mengajaknya gabung jadi agen.

PT BEST menyediakan layanan seminar bisnis, yang salah satu tujuannya adalah mempermudah kita dalam menjalankan bisnis ini

PT BEST adalah bisnis Penjualan Langsung Berjenjang Syariah (PLBS), bukan MLM. Karena di PT BEST tidak ada sistem dan aturan yang biasanya diterapkan pada MLM. Di PT BEST Syariah:

  1. Tidak harus merekrut sebanyak mungkin orang. Karena fokus utama PT BEST adalah memperbanyak jumlah omset, bukan jumlah orang.
  2. Tidak ada kewajiban belanja ulang yang memberatkan.
  3. Ada produknya yang bisa dijual ke perusahaan dengan transaksi miliaran. Di bisnis MLM, produk mereka hanya bisa dijual ke perorangan.
  4. Tidak ada tutup poin. Berapapun hasil pekerjaan kita, ada bayarannya.
  5. Tidak ada target penjualan atau target apapun. Semuanya kita yang mengatur.
  6. Tidak ada poin reset.
  7. Tidak ada poin hangus.
  8. Tidak ada sistem piramida atau ponzi atau money game.
  9. Banyak sekali bukti: Orang yang posisinya di bawah lebih duluan sukses dibanding mereka yang di atas.
  10. Poin sifatnya akumulatif. Artinya, poin nambah terus, tanpa pernah berkurang, tak pernah hangus, tak pernah reset.
  11. Poin tidak punya masa berlaku. Dia tetap berlaku sampai kapanpun.
  12. Sistem bisnis PT BEST Syariah sudah mendapat sertifikat halal MUI, dan legalitasnya sudah lengkap.

Banyak sekali orang yang anti MLM, namun mereka kini menjadi leader sukses di PT BEST. Kok bisa? Karena setelah mempelajari sistem bisnisnya, mereka jadi paham bahwa ternyata PT BEST tidak sama dengan MLM.

Yang seperti itu adalah bisnis ponzi, dan PT BEST bukan ponzi.

Justru, sistem bisnis PT BEST sangat adil. Yang sukses adalah mereka yang bekerja, tidak peduli posisinya di atas atau di bawah. Di PT BEST banyak sekali bukti: Orang yang gabung belakangan lebih sukses dibanding mereka yang gabung duluan.

Kok bisa seperti itu? Karena PT BEST menerapkan sistem dua kaki.

“Sistem dua kaki?”

Iya, benar.

Selama ini, banyak sekali orang yang merasa aneh dengan sistem dua kaki. Ada yang menuduh dua kaki sebagai riba, ponzi, skema piramida, dan sebagainya.

Ada juga orang yang berkata, “Sistem dua kaki itu merepotkan dan memberatkan. Sebab agar dapat reward, kita harus menjaga keseimbangan kiri-kanan.”

Padahal Faktanya: Sistem dua kaki di PT BEST justru bertujuan untuk menjaga keadilan. Agar yang sukses adalah mereka yang bekerja, tidak peduli posisinya di atas atau di bawah. Tidak peduli dia gabung duluan atau belakangan.

Agar lebih jelas, yuk simak uraiannya pada ilustrasi di bawah ini.

Pada gambar di atas, terdapat 3 orang mitra, yakni A, B dan C. Dari hasil kerja masing-masing:
– A sudah mendapat 16 poin kiri dan 10 poin kanan
– B sudah mendapat 8 poin kiri dan 23 poin kanan
– C sudah mendapat 361 poin kiri dan 401 poin kanan.

Pada sistem PT BEST, semua poin dari bawah akan mengalir ke atas. Jadi semua poin yang didapatkan oleh B dan C akan menjadi poin A juga. Perhitungannya seperti pada gambar berikut.

Semua poin B (8 + 23) menjadi poin kiri A.

Semua poin C (361 + 401) menjadi poin kanan A.

Sehingga hasil akhir perolehan poin adalah seperti pada gambar berikut.

Dari perolehan poin tersebut, maka C sudah dapat reward motor dan mobil, sedangkan A belum dapat apapun. Padahal A posisinya di atas alias duluan gabung.

Kok bisa? Ya tentu sangat bisa. Karena C lebih aktif menjalankan bisnisnya, sedangkan A tidak terlalu aktif.

Jika A ingin dapat reward, maka yang harus dia lakukan adalah membina jaringan B, agar poin dari jaringan B terus bertambah.

Artinya: Agar A dapat reward, dia harus bekerja dengan serius.

* * *

Nah, dari ilustrasi di atas terlihat dengan sangat jelas, kan? Sistem dua kaki justru bertujuan untuk menciptakan keadilan.

 

Sistem Bisnis PT BEST Syariah telah mendapat Sertifikat Halal dari DSN MUI Pusat, berdasarkan SK Nomor 009.116.01/DSN-MUI/IX/2021).

Jadi sebenarnya tak ada yang perlu diragukan mengenai kehalalannya.

Sebuah BISNIS Networking bisa mendapatkan sertifikasi halal secara syariah apabila memenuhi 12 syarat berikut ini berdasarkan FATWA MUI No: 75/DSN MUI/VII/2009 yang disahkan pada 25 Juli 2009.

  1. Ada objek transaksi riil yang diperjualbelikan, terdiri dari barang atau produk jasa.
    PT BEST Syariah menjual produk-produk yang riil, berkualitas dan dibutuhkan bagi masyarakat.
  2. Barang atau produk jasa yang ditawarkan adalah barang yang tidak diharamkan dan yang tidak digunakan untuk sesuatu yang haram.
    Produk-produk PT BEST Syariah telah mendapat sertifikat halal MUI, dan tujuannya untuk digunakan pada hal-hal yang baik dan bermanfaat.
  3. Transaksi dalam perdagangan tidak mengandung unsur gharar, maysir, riba, dharar, dzulm, maksiat.
    Tidak satu pun dari semua unsur di atas terkandung dalam sistem marketing plan PT BEST Syariah. Karena kami menawarkan INCOME yang PASTI dan sangat adil.
  4. Tidak ada kenaikan harga/biaya (mark up) yang berlebihan.
    Harga produk-produk PT BEST Syariah sangat wajar dan sepadan dengan kualitasnya.
  5. Komisi yang diberikan oleh perusahaan kepada anggota, besaran maupun bentuknya harus berdasarkan prestasi kerja yang terkait langsung dengan volume atau nilai hasil penjualan produk, dan harus menjaga pendapatan utama mitra usaha.
    Bonus atau KOMISI di bisnis PT BEST Syariah diberikan berdasarkan VOLUME penjualan produk dan tidak berlaku HANGUS yang bersifat merugikan.
  6. Bonus yang diberikan oleh perusahaan kepada anggota harus jelas jumlahnya, saat transaksi (akad) sesuai dengan target penjualan barang dan atau produk yang ditetapkan oleh perusahaan.
    Sejak awal bergabung, BONUS atau KOMISI penjualan GROUP di PT BEST Syariah sudah jelas dengan ketentuan target, dan terbukti dibayarkan sesuai janji.
  7. Tidak boleh ada komisi atau bonus secara pasif yang diperoleh secara reguler tanpa melakukan pembinaan dan/atau penjualan barang atau jasa.
    Dalam bisnis PT BEST Syariah, jika tidak menciptakan omset penjualan baik secara pribadi atau group, maka tidak akan diberikan KOMISI. Sehingga BEKERJA adalah WAJIB di bisnis ini.
  8. Pemberian komisi atau bonus oleh perusahaan kepada anggota (mitra usaha) tidak menimbulkan ighra.
    Ighra dimaknakan sebagai melakukan transaksi di luar kewajaran, karena penawaran atau promosi yang berlebihan, sehingga akhirnya melakukan belanja tak wajar. Dan hal ini dilarang. Hal seperti ini tidak ada di PT BEST Syariah.
  9. Tidak ada eksploitasi dan ketidakadilan dalam pembagian bonus antar anggota pertama dan anggota berikutnya.
    BISNIS PT BEST Syariah sangat adil karena peluang orang pertama, kedua, ketiga dan seterusnya sama persis, sehingga akhirnya bahkan KOMISI atau BONUS antara upline dan downline bisa sama persis pada waktunya. Bahkan downline bisa mendapatkan bonus yang lebih banyak dibanding upline-nya, karena dia bekerja lebih rajin. PT BEST Syariah adalah Bisnis ANTI SISTEM PIRAMIDA.
  10. Sistem perekrutan, dan bentuk penghargaan secara seremonial yang dilakukan tidak mengandung unsur yang bertentangan dengan aqidah, syariah dan akhlak mulia, seperti syirik, kultus, maksiat dan sebagainya.
    Alhamdulillah, dalam setiap momentum yang diciptakan di bisnis PT BEST Syariah, bahkan sangat kental dengan nuansa Spiritual & DAKWAH yang diwajibkan diikuti oleh semua membernya. Sebagai contoh program utama SLC (SPIRITUAL LEADERSHIP CAMP), berupa program i’tikaf 3 hari di masjid yang merupakan program dakwah PT BEST Syariah yang diwajibkan untuk para mitranya dan dianjurkan untuk masyarakat umum.
  11. Setiap mitra usaha yang melakukan perekrutan keanggotaan wajib membina dan mengawasi anggota yang direkrutnya.
    Setiap mitra dan leader di bisnis PT BEST Syariah bisa memantau dan wajib melakukan pembinaan kepada jaringannya, bahkan dibantu juga oleh para leadernya. Tersedia fasilitas website untuk melakukan pantauan detik demi detik real time.
  12. Tidak melakukan kegiatan money game.
    Money GAME terjadi ketika UANG dijadikan komoditi dan akhirnya BONUS atau KOMISI dibayarkan dari uang pendaftaran (bukan dari penjualan produk), dan hal ini tidak terjadi pada bisnis PT BEST Syariah. Sebab di bisnis ini, bonus atau komisi dibayarkan MURNI dari LABA PENJUALAN PRODUK.

Tidak. PT BEST adalah bisnis jual beli atau perdagangan. Yang harus kita perbanyak di bisnis ini adalah jumlah omset, bukan jumlah orang.

Sangat BISA. Karena di PT BEST, kunci kesuksesan kita adalah pada jumlah omset, bukan jumlah orang.

Agar bisa mendapat reward motor, mobil dan rumah, caranya adalah dengan mengumpulkan poin. Dan poin dihitung dari jumlah omset, bukan jumlah orang.

Karena poin dihitung dari jumlah omset, maka Anda bisa mendapat reward-reward tersebut dengan cara fokus jual beli saja, tanpa merekrut agen.

Tidak ada. Di PT BEST tidak ada target penjualan atau target apapun.

Setelah membeli produk, maka Anda bebas menentukan apakah produk itu dijual, dipakai sendiri, dan sebagainya. Intinya, perusahaan tidak mengatur soal penjualan. Andalah yang mengatur semuanya.

Bagi Anda yang masih mitra baru, dan belum dapat reward apapun, maka Anda tidak punya kewajiban belanja bulanan.

Belanja bulanan hanya diwajibkan bagi mitra yang sudah dapat reward mobil. Namun kewajiban belanja tersebut BERBEDA dengan kewajiban di bisnis lain. Berikut bedanya:

  1. Di bisnis lain, kewajiban belanja bulanan berlaku untuk semua agen tanpa kecuali.
    Di PT BEST: Kewajiban belanja bulanan hanya berlaku untuk agen yang sudah mendapat reward mobil.
  2. Di bisnis lain, agen tidak akan dapat reward dan bonus apapun jika tidak melakukan belanja bulanan.
    Di PT BEST: Kewajiban belanja bulanan bertujuan untuk mencairkan bonus Repeat Order. Sedangkan jumlah bonus di PT BEST lebih dari 10 jenis. Artinya: Jika tidak melakukan belanja bulanan, Anda masih berkesempatan mendapat bonus dan reward lainnya.
  3. Di bisnis lain, agen diwajibkan belanja bulanan dengan total belanja sampai jutaan rupiah, alias sangat memberatkan. Padahal si agen mungkin tidak butuh produknya.
    Di PT BEST: Kita cukup belanja Rp 350rb perbulan, dan produknya untuk dipakai sendiri. Sekadar info: Para agen PT BEST sudah terbiasa mengkonsumsi sendiri produk-produk yang dijual oleh PT BEST. Karena produk-produk tersebut memang berkualitas dan bermanfaat. Oleh karena itu, para agen tidak keberatan untuk belanja Rp 350rb perbulan. Sebab produk yang mereka beli memang dibutuhkan.

Ya, tentu bisa. Selama ini kita percaya bahwa semua bisnis pasti ada resikonya. Namun sebenarnya, ada bisnis tertentu yang tanpa resiko.

Contohnya jika Anda punya warung, lalu ada orang yang menitipkan dagangannya di warung Anda. Ini biasanya disebut konsinyasi.

Pada sistem konsinyasi, Anda sebagai pemilik warung tidak punya resiko apapun. Sebab jika produknya laku, Anda dapat bagi hasil. Namun jika produknya tidak laku, Anda tidak rugi apapun.

Kalaupun dipaksakan “harus ada resikonya”, ya mungkin bisa terjadi jika produk titipan tersebut dicuri atau rusak. Tapi resiko seperti ini sangat kecil dan jarang terjadi.

Dari segi resiko, PT BEST mirip dengan konsinyasi. Bedanya: Pada konsinyasi kita tidak perlu beli produknya. Di PT BEST, sistemnya adalah beli putus.

Memang benar, pada sistem beli putus terdapat resiko jika produknya tidak laku. Produknya terbuang sia-sia dan uang kita tak bisa dikembalikan.

Ya, resiko seperti ini berlaku jika produknya tidak bisa kita pakai sendiri.

Alhamdulillah… Semua produk PT BEST bermanfaat dan dibutuhkan oleh konsumen. Jadi jika misalnya kita gagal jualan, tidak akan rugi karena produknya bisa kita pakai sendiri. Kita bisa dapat manfaat dari produk-produk tersebut.

Jadi resikonya di mana? Tidak ada, kan? Ini sama saja seperti belanja di minimarket untuk kebutuhan sehari-hari. Tentu kita tidak rugi apapun.

Ya, memang banyak orang yang bingung mengenai hal ini. Menurut mereka tidak masuk akal. “Jualan produk kok bisa dapat mobil dst?”

Sebenarnya bonus dan reward tersebut sangat masuk akal, kok. Selama ini terkesan tidak masuk akal, karena masyarakat belum paham saja. Oleh karena itu, berikut saya jelaskan.

Penjualan Konvensional:

Pada penjualan konvensional, produk mereka disalurkan melalui berbagai macam saluran distribusi sebelum sampai di tangan konsumen. Mulai dari distributor nasional, agen propinsi, supermarket, minimarket, pasar tradisional, warung, dan sebagainya.

Agar produknya dikenal oleh masyarakat, mereka pun pasang iklan di TV dan media-media lain, membayar artis untuk endors, mensponsori acara olahraga, dan sebagainya.

Bagi perusahaan besar, anggaran untuk distribusi dan marketing seperti dijelaskan di atas, bisa mencapai triliunan rupiah.

Sekitar 40% dari harga produk biasanya habis untuk biaya distribusi dan biaya marketing.

Penjualan Langsung:

PT BEST Syariah menerapkan sistem penjualan langsung. Produknya bisa langsung disalurkan dari perusahaan kepada pembeli, tanpa melalui berbagai macam saluran distribusi.

PT BEST juga tidak perlu pasang iklan di TV, media cetak, baliho, atau di manapun. Sebab yang berperan sebagai tim marketing, bintang iklan, dst adalah para agennya.

Oleh karena itu, PT BEST tidak perlu mengeluarkan biaya distribusi dan marketing yang triliunan rupiah tadi. Sehingga:

Anggaran 40% tersebut pun tidak terpakai, lalu dialokasikan sebagai reward dan bonus kepada para agen.

Jadi ini sebenarnya hanya soal perbedaan alokasi anggaran.

ARTINYA:

(1) Pada penjualan konvensional, anggaran 40% dipakai untuk biaya distribusi dan marketing. Yang menikmati adalah kalangan atas.

(2) Pada penjualan langsung, anggaran 40% dipakai untuk membayar reward dan bonus kepada agen. Yang menikmati adalah kalangan atas dan bawah secara adil, sesuai dengan hasil kerja mereka.

(3) Jika menjalankan bisnis penjualan konvensional (misalnya menjadi reseller), maka keuntungan kita hanya berupa margin harga produk.

(4) Jika menjadi agen PT BEST, yang kita dapatkan bukan hanya margin harga produk. Kita juga berkesempatan mendapat sejumlah bonus dan reward.

Seeing is believing. Jadi untuk menjawab pertanyaan ini, cara terbaik adalah MELIHAT LANGSUNG.

Anda bisa hadir di acara-acara PT BEST, seperti seminar bisnis, Spiritual Leadership Camp, juga Grand Success Seminar, dan sebagainya. Pada acara-acara tersebut, Anda bisa melihat langsung reward mobil yang didapatkan oleh para agen, dan bertemu langsung dengan para pemilik mobilnya.

* * *

Di bisnis lain, seringkali terjadi kasus, di mana perusahan menjanjikan berbagai macam bonus dan reward. Namun ketika ada membernya yang mengklaim (karena telah memenuhi syarat), perusahaan tidak dapat memberikannya. Karena mereka mengalami kesulitan keuangan.

Hal seperti ini disebabkan perusahaan tersebut memiliki sistem pengelolaan keuangan yang buruk. Misalnya: Rekening perusahaan digabung dengan rekening pribadi owner. Sehingga owner bisa dengan leluasa mengambil uang dari sana.

Alhamdulillah…. Di PT BEST selama ini TERBUKTI, semua bonus dan reward yang diklaim pasti diberikan. Karena PT BEST memiliki sistem pengelolaan keuangan yang sangat baik.

PT BEST menyediakan satu rekening khusus untuk bonus dan reward. Uang di rekening tersebut hanya bisa diambil jika ada tanda tangan 4 orang yang berwenang. Bahkan owner PT BEST sendiri tidak bisa dengan leluasa mengambil uang dari sana.

Sistem seperti inilah yang menyebabkan PT BEST selalu mampu memberikan bonus dan reward kepada para agen yang telah memenuhi syarat.

Terdapat lebih dari 10 bonus dan reward di PT BEST. Berikut 3 di antaranya dan cara mendapatkannya.

1. Bonus Sponsorship

Ini termasuk bonus harian, dalam arti transaksi hari ini dibayar besok. Ketika berhasil mensponsori seorang agen baru, Anda mendapat komisi 16% dari total belanja produknya.

  • Belanja Rp 2,5 juta, komisi Rp 400.000
  • Belanja Rp 7,5 juta, komisi Rp 1.200.000
  • Belanja Rp 14 juta, komisi Rp 2.800.000
  • Belanja Rp 37,5 juta, komisi Rp 6.000.000
  • Belanja Rp 77,5 juta, komisi Rp 12.400.000

2. Bonus Pengembangan

Ini termasuk bonus pekanan, dibayar setiap hari Rabu. Anda akan mendapat bonus Rp 100rb untuk setiap 1 pasang poin FO (belanja First Order) di jaringan Anda.

Potensi Bonus Pasangan:

  • BASIC: Maksimal Rp 1,2 juta perhari.
  • REGULER: Maksimal Rp 3,6 juta perhari.
  • BUSINESS: Maksimal Rp 8,4 juta perhari.
  • EXECUTIVE: Maksimal Rp 18 juta perhari.
  • PRIORITY: Maksimal Rp 37,2 juta perhari.

3. Reward

Ini adalah hadiah yang didapatkan dengan cara mengumpulkan poin. Poin dihitung dari omset pembelian, bukan dari perekrutan.

  • 100 pasang poin = Motor atau Umroh 20 juta
  • 300 pasang poin = Mobil atau Haji Plus 150 juta
  • 1500 pasang poin = Mobil Sport 500 juta
  • 3000 pasang poin = Rumah Mewah Luxuri 1 Miliar

Asyiknya: Poin di PT BEST itu sifatnya akumulatif, dalam arti nambah terus. Tidak ada tutup poin, tidak ada poin reset, tidak ada poin hangus, tidak ada poin daluwarsa. Pokoknya nambah terus.

Jadi di PT BEST, kita bisa menjalankan bisnisnya dengan santai, tidak perlu stres karena dikejar-kejar oleh target.

Selama kita menjalankan bisnisnya, maka cepat atau lambat akan dapat reward. Masya Allah!

POIN adalah nilai yang dikumpulkan untuk mendapat reward tertentu dari PT BEST Syariah. Reward yang dimaksud adalah:

  • Motor/Umroh Rp 20 juta
  • Mobil/Haji Plus Rp 150 juta
  • Mobil Sport Rp 500 juta
  • Rumah Luxury 1 Miliar

Poin dihitung dari omset pembelanjaan produk, bukan dari rekrutmen.

CARA MENDAPATKAN POIN:

I. Dari belanja First Order (FO)

FO atau First Order adalah belanja awal saat seseorang gabung jadi agen PT BEST. Anda sebagai sponsor akan mendapat poin sesuai dengan total belanjanya, yaitu:

  1. Basic (belanja 2,5 juta) = 1 poin
  2. Reguler (belanja 7,5 juta) = 3 poin
  3. Business (belanja 17,5 juta) = 7 poin
  4. Executive (belanja 37,5 juta) = 15 poin
  5. Priority (belanja 77,5 juta) = 31 poin

Kesimpulan I: Satu orang tidak identik dengan 1 poin. Dari 1 orang yang berhasil disponsori, Anda bisa mendapat 1 poin, 3 poin, 7 poin, 15 poin, atau 31 poin, tergantung dari total belanjanya.

II. Dari Repeat Order (RO):

  • Belanja Rp 2 juta = 1 poin

Catatan:

  1. Anda bisa dapat poin dari RO atas nama Anda, jika status keagenan Anda selain Basic.
  2. Jika agen di bawah Anda melakukan RO dan menghasilkan 10 poin, maka Anda pun mendapat 10 poin yang sama.

Kesimpulan II: Poin bukan hanya didapatkan dari hasil pekerjaan Anda sendiri, namun akumulasi dari hasil kerja Anda dan para agen di bawah Anda. Dengan sistem seperti ini, maka mengumpulkan poin menjadi jauh lebih mudah, yakni dengan cara kerjasama tim.

Kesimpulan III: Karena poin dihitung dari jumlah omset, bukan jumlah agen, maka Anda tetap berkesempatan mendapat reward dengan cara fokus jual beli tanpa rekrut orang.

Tidak ada. Di PT BEST tidak ada tutup poin, tidak ada target penjualan, target rekrutmen, atau target-target apapun.

Tidak. Inilah salah satu keunggunalan PT BEST.

Poin di PT BEST bersifat akumulatif, dalam arti tidak pernah reset, tidak pernah hilang, tidak pernah hangus. Poin akan bertambah terus.

Misalnya:
Anda sudah mencapai 100 pasang poin dan berhak dapat reward motor. Setelah itu, poin tidak direset kembali ke nol, namun terus bertambah menjadi 101, 102, dan seterusnya.

Tidak. Selain bersifat akumulatif, poin di PT BEST juga tanpa masa berlaku.

Jadi jika misalnya Anda berhasil mengumpulkan 100 pasang poin dalam waktu 1 bulan atau 1 tahun atau 10 tahun, maka Anda tetap dapat reward motor cash.

Poin Anda tidak akan hilang, reset, hangus, atau tidak berlaku lagi.

Syarat untuk jadi agen PT BEST sangat mudah:

  1. Membayar administrasi Rp 100.000, dan melakukan pembelian produk (First Order atau FO) sesuai dengan Paket Kemitraan yang Anda pilih.
  2. Mengisi formulir biodata.
  3. Siapkan dokumen berupa foto KTP atau kartu identitas lainnya. Jika perlu (opsional), sertakan foto buku rekening bank Anda.
Setelah itu, sponsor Anda yang akan mengurus proses pendaftaran ke sistem PT BEST. Anda tinggal menunggu hasilnya saja.

Kantor PT BEST tidak melayani pendaftaran agen baru. Jika ingin gabung jadi agen, Anda harus menghubungi orang yang memperkenalkan bisnis ini pada Anda. Anda harus gabung lewat dia.

Kenapa seperti itu?

Karena PT BEST adalah bisnis network marketing. Di dalamnya terdapat banyak network atau jaringan yang berbeda-beda.

Ketika gabung jadi agen, Anda akan masuk ke network atau jaringan atau tim tertentu. Misalnya Anda gabung lewat si A, maka Anda akan jadi tim A. Anda adalah mitra si A, dan A adalah leader Anda. Jika Anda gabung lewat orang lain yang bukan tim A, maka Anda dan A akan beda tim.

Seperti inilah (salah satu) cara kerja PT BEST. Anda tidak bisa mendaftar langsung di kantornya. Karena pihak kantor harus bersikap netral terhadap semua jaringan. Secara etika, pihak kantor tidak boleh ikut terlibat dalam jaringan/tim manapun.

Satu orang hanya boleh punya 1 akun. Jadi Anda hanya boleh mendaftarkan 1 akun atas nama Anda sendiri.

Sebagai agen baru PT BEST, Anda akan mendapatkan:

  1. Produk, dengan jumlah dan jenis yang sesuai pilihan Anda.
  2. Buku flipchart yang berisi info marketing plan dan sistem bisnis PT BEST, atau katalog produk
  3. Member ID
  4. Virtual office, di mana Anda bisa memantau jaringan keagenan, mengecek bonus dan reward, belanja produk, dan berbagai macam aktivitas lainnya. Semuanya serba otomatis dan mudah digunakan.

Ya, benar sekali! Saat gabung jadi agen PT BEST dan belanja FO (First Order), Anda bebas memilih produk manapun, dengan jumlah berapapun, semuanya terserah Anda.

Bahkan setelah jadi agen dan ingin belanja ulang (RO), Anda tetap bebas memilih produk apapun, terserah Anda.

Di PT BEST tidak ada keharusan untuk membeli produk tertentu.

Salah satu keunggulan PT BEST Syariah adalah KERJA TIM. Anda tidak akan dibiarkan sendirian.

Di PT BEST terdapat sistem bahwa poin dari agen yang di bawah akan mengalir ke agen yang di atas. Jika agen di bawah mendapat 10 poin, maka semua agen di atas pun mendapat 10 poin yang sama.

Sistem seperti ini menyebabkan para leader sangat antusias untuk membina para mitranya. Sebab jika mitra sukses, mereka juga sukses.

Ada beberapa fasilitas pembinaan di PT BEST Syariah, antara lain:

  1. Group Pembinaan di WhatsApp. Di sini Anda bisa berdiskusi, bertanya, sharing info dst, dengan para agen lainnya, juga dengan para leader yang sudah sukses.
  2. Seminar Bisnis PT BEST. Ini adalah seminar yang terbuka untuk umum. Anda bisa mengajak teman untuk mengikuti seminar ini. Biarkan presenter yang menjelaskan tentang bisnis PT BEST. Setelah itu, Anda cukup memfollow up agar si teman join. Dengan adanya seminar ini, Anda tidak perlu repot-repot menjelaskan tentang bisnis PT BEST. Yang perlu Anda lakukan adalah mengajak teman Anda ikut seminar.
  3. Seminar Produk Knowledge. Ini adalah seminar yang membahas seluk-beluk produk tertentu. Sehingga Anda akan memiliki pemahaman dan pengetahuan yang mendalam terhadap produk tersebut. Dengan seminar ini, Anda punya punya bahan yang sangat memadai untuk menjelaskan tentang produk tertentu kepada calon agen.
  4. Seminar Tingkat Lanjut. Ini adalah seminar yang membahas materi-materi khusus, yang sangat bermanfaat bagi kita untuk menjalankan bisnis PT BEST ini.
  5. Grand Success Seminar. Ini adalah ajang untuk memberikan penghargaan kepada para peraih reward. Di acara ini, Anda bisa bertemu langsung dengan para leader peraih reward. Juga bisa melihat langsung mobil cash yang mereka dapatkan dari bisnis PT BEST ini.
  6. Spiritual Leadership Camp (SLC) atau Dzikir Lunas Utang. Ya, PT BEST menyediakan sistem bisnis tertentu, sebagai ikhtiar bagi kita agar bebas utang bebas riba. Adapun lewat acara SLC, manajemen PT BEST mengajak kita untuk mempraktekkan Marketing Langit. Para agen diajak menginap 3 hari di masjid, fokus beribadah, berdzikir, muhasabah, belajar mempraktekkan sunnah, dan Meminta Pertolongan Allah. Para leader yang sukses di PT BEST umumnya adalah mereka yang rajin ikut SLC.

Silahkan hubungi orang yang memberikan link website ini pada Anda. Dia yang akan menjelaskan detilnya dan membantu proses pendaftaran Anda.

PENTING: Pastikan untuk selalu cek dan ricek. Sebab ada oknum yang suka mengaku-ngaku sebagai tim dari leader tertentu, padahal bukan.

DISCLAIMER:
Ini bukan website resmi PT BEST. Website ini milik pribadi, berisi info atau business knowledge tentang PT BEST Corp Syariah. Sesuai aturan yang berlaku, website ini bukan untuk jualan apapun, dan tidak di-share ke ruang publik. Alamat website ini hanya diberikan kepada calon agen yang bertanya dan meminta penjelasan lebih detil tentang bisnis PT BEST.