Modal GRATIS untuk Memulai Bisnis. MAU?

Modal GRATIS untuk Memulai Bisnis. MAU?

Modal GRATIS untuk Memulai Bisnis. MAU?

Oleh: Jonru Ginting

“Bang Jonru kan sudah kaya. Sedangkan banyak orang yang pengen gabung PT BEST, tapi gak punya uang untuk modalnya. Coba deh modalin mereka. Berikan modal gratis. Saya kira, itu hal yang sangat sepele bagi Bang Jonru.”

Itu komentar sejumlah orang yang sering mampir di posting saya.

Membaca komentar seperti itu, saya hanya tersenyum geli. Saya teringat pada Bang Jamal, seorang tukang ojek yang beberapa tahun lalu pernah saya modalin untuk jualan kacamata di pinggir jalan.

Semua modalnya dari saya. Dia hanya perlu jualan saja.

Setelah segala sesuatunya tersedia dan sudah siap untuk jualan, eh tiba-tiba Bang Jamal mundur. Dia katanya tidak berani jualan. Takut tidak laku katanya.

Modal uang yang saya berikan secara gratis pun hilang begitu saja. Kalau dibilang rugi, ya saya tentu sangat rugi. Rugi uang, rugi waktu, rugi tenaga.

Namun kejadian ini menjadi PELAJARAN BERHARGA bagi saya. Bahwa memberikan modal gratis bagi siapapun itu TAK ADA GUNANYA.

Ingat, kita sedang bicara tentang bisnis, bukan sedekah. Ini dua hal yang berbeda.

Kalau sedekah, kita tak perlu mikirin uang yang telah kita keluarkan. Kita bisa melupakan dan mengikhlaskannya dengan sangat mudah.

Namun bisnis tidak seperti itu. Ketika saya mengeluarkan uang untuk memodali seseorang yang mau berbisnis, maka saya harus berpikir, “Apa untungnya buat saya? Saya bakal dapat apa? Saya bakal untung atau rugi? Berapa lama balik modalnya?”

Dan yang paling penting di atas semua itu adalah, “Orang yang saya modali ini bisa dipercaya atau tidak? Apakah dia akan menjalankan bisnisnya dengan serius?”

Di PT BEST, saya punya beberapa orang mitra yang sudah mengeluarkan banyak uang untuk modal. Tapi setelah gabung, dia hilang tak berbekas. Ketika dihubungi dan ditanya apa kabar, dengan santainya dia menjawab, “Maaf Bang. Saya belum bisa fokus di PT BEST. Masih banyak kesibukan di tempat lain.”

Hingga 2 tahun setelah gabung, si mitra ini tetap hilang, tak pernah kelihatan lagi batang hidungnya. Padahal dia sudah mengeluarkan banyak uang untuk modal gabung PT BEST.

Nah, orang yang mengeluarkan uang sendiri pun bisa seperti itu. Apalagi orang yang diberikan modal gratis. Dia akan sangat menyepelekan, karena merasa TIDAK RUGI APAPUN jika tidak menjalankan bisnisnya.

Jadi Sekali Lagi:

SANGAT TIDAK ADA GUNANYA memberikan modal gratis pada siapapun.

“Lalu bagaimana jika saya ingin berbisnis tapi benar-benar tidak ada modal?”

Begini, Dek. BISNIS ADALAH PERJUANGAN. Jika kamu mau berbisnis, maka harus siap berjuang.

Kamu harus berjuang saat mendirikan bisnis, saat membangun bisnis, saat mengembangkan bisnis, saat mempertahankan bisnis jika ada masalah.

Semua itu butuh perjuangan. Karena PEBISNIS SEJATINYA ADALAH PEJUANG.

Termasuk ketika baru ingin mulai berbisnis tapi tak punya modal uang. Kamu harus BERJUANG untuk mendapatkannya.

Jika kamu mendapatkan modal lewat perjuangan yang penuh pengorbanan, maka kamu akan SANGAT MENGHARGAI modal tersebut. Sehingga kamu pun penuh semangat menjalankan bisnisnya.

Jika kamu penuh semangat menjalankan bisnis, maka itu merupakan salah satu PENENTU UTAMA keberhasilan kamu dalam berbisnis.

* * *

Jadi jika ada orang yang mengharapkan modal gratisan untuk memulai bisnis, maka sebenarnya dia bukan pejuang. Dia tidak cocok jadi pebisnis. Orang-orang seperti ini biasanya sangat mudah tertipu oleh bisnis-bisnis gak jelas, seperti ponzi, money game, judi trading, investasi bodong, dan sebagainya.

Adapun kamu yang membaca tulisan ini, saya yakin KAMU ADALAH PEJUANG SEJATI. Jika belum punya modal untuk memulai bisnis, kamu pasti SIAP BERJUANG untuk mendapatkan modal tersebut.

“Iya. SAYA SIAP BERJUANG untuk mendapatkan modal. Tapi bagaimana caranya?”

Silahkan baca artikel ini, ya. Klik DI SINI.

Jakarta, 12 Oktober 2022

Jonru Ginting