Obrolan 2 Sahabat tentang Halal Haram MLM

Obrolan 2 Sahabat tentang Halal Haram MLM

Oleh: Jonru Ginting

@jonrugintingnew

A: Bro, lu kok ikut Eco Racing sih? Itu kan MLM. Haram bro!

B: Kalo menurut lu haram, ya sudah. Gak usah gabung. Gue juga gak bakal maksa lu untuk gabung kok.

A: Lu sendiri gak merasa berdosa, ikut bisnis haram?

B: Gue yakin 100% bahwa sistem bisnis Eco Racing itu halal.

A: HALAL? GIMANA CERITANYA???

B: Begini bro. Gue termasuk orang yang setuju dengan pendapat para ulama yang mengatakan bahwa MLM adalah wilayah muamalah. Hukum dasar muamalah adalah semuanya boleh, kecuali jika ada dalil yang melarang atau mengharamkannya. Jadi hukum dasar MLM adalah halal. Sebuah bisnis MLM bisa jadi halal atau haram, tergantung ada atau tidak adanya unsur-unsur haram di dalam sistem bisnisnya.

Seperti itulah prinsip dasar yang dipegang oleh para ulama yang gue yakini. Karena itu, alhamdulillah sejumlah bisnis MLM sudah mendapat sertifikat halal MUI. Eco Racing termasuk di antaranya.

A: Tapi kan ada ulama yang mengharamkan MLM. Beliau bukan sembarang ulama, lho. Beliau sangat ahli di bidang fiqih dan muamalah.

B: Iya, gue tahu itu. Gue juga sangat menghargai keulamaan beliau. Tapi enggak salah kan, kalau gue beda pendapat? Gue lebih cenderung pada para ulama di MUI, yang setahu gue, mereka melakukan riset, penelitian dan tabbayun terlebih dahulu, langsung ke sistem bisnis MLM tersebut. Dari situlah mereka mengeluarkan fatwa.

A: Tapi gue lebih percaya pada ulama yang mengatakan semua MLM itu haram.

B:ย Gue hargai pendapat lu. Karena itu, lu juga seharusnya menghargai pendapat gue. Perbedaan pendapat itu sangat biasa, bro. Dalam ibadah shalat aja banyak perbedaan pendapat. Apalagi ini “cuma” urusan muamalah. Pasti perbedaannya jauh lebih banyak. Kita saling menghargai saja. Oke?

A: [Diam seribu bahasa]

*beberapa minggu kemudian:*

A: Bro, pinjemin gue duit dong. Satu juta aja.

B: Buat apa?

A: Anak gue sakit. BPJS gak nanggung semua biayanya.

B: Oke, kebetulan gue punya uang satu juta. Tapi itu dari bonus Eco Racing yang lu bilang haram itu. Lu pasti gak mau menerimanya, kan?

A: Eh, gak apa-apa kok bro. Duit dari lu, sohib gue sendiri, yang gue tahu persis lu sangat taat agama. Pasti uang dari lu terjamin kehalalannya. Gue yakin itu uang halal.

B: [Senyum simpul sendiri]

CERITA DI ATAS DITULIS BERDASARKAN *DUA* PENGALAMAN PRIBADI

Saya mencoba menghargai pendapat Anda yang mengatakan bahwa semua MLM itu haram. Saya akan jauh lebih menghargai jika Anda KONSISTEN DAN ISTIQOMAH dengan prinsip tersebut.

Yuk GABUNG dengan Ecoracing. MINAT? Info selengkapnya KLIK DI SINI.ย 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *