Cara Berjualan yang Disarankan

PT BEST Syariah adalah bisnis perdagangan atau jual beli. Namun bukan jual beli biasa. PT BEST Syariah adalah bisnis penjualan langsung atau network marketing. Oleh karena itu, cara kita berjualan BERBEDA dengan cara berjualan konvensional.

“Bagaimana cara berjualan yang disarankan?”

Sebelum membahas pertanyaan ini, akan saya jelaskan dulu beberapa KONSEP DASAR dari bisnis PT BEST Syariah yang berhubungan dengan jual beli.

  1. Poin untuk mendapatkan reward dihitung dari omset pembelanjaan produk ke perusahaan, bukan dari rekrutmen mitra. Oleh karena itu, kita bisa mendapatkan reward motor, mobil, rumah, dst, dengan cara fokus jualan tanpa merekrut mitra.
    .
  2. Semua poin dan bonus dihitung dari omset pembelanjaan produk ke perusahaan. jadi sistem bisnis PT BEST Syariah tidak mengatur hal-hal apapun setelah produknya kita beli.
    .
    Produknya mau kita jual, kita pakai sendiri, bahkan kita sedekahkan ke masyarakat misalnya, semuanya terserah kita. Dan kita tidak akan dapat poin dan bonus apapun dari aktivitas-aktivitas setelah pembelanjaan produk.
    .
    Itulah sebabnya, di PT BEST tidak ada target penjualan produk, juga tidak ada kewajiban belanja bulanan. Semunya kita yang mengatur.
    .
  3. Jual beli hanyalah salah satu dari 3 aktivitas utama di PT BEST. Dua aktivitas lainnya adalah (1) Perekrutan mitra, dan (2) Pembinaan mitra.
    .
    Jika Anda fokus jualan tanpa merekrut mitra, maka Anda akan menghasilkan omset.
    .
    Jika Anda fokus merekrut mitra, maka Anda pun akan menghasilkan omset, karena setiap mitra baru diharuskan belanja produk (FO).
    .
    Jika Anda fokus pada pembinaan mitra, maka ini bisa menyebabkan pra mitra Anda aktif menjalankan bisnis ini. Mereka akan bertransaksi FO, RO dan Upgrade. Sehingga kegiatan ini pun akan menghasilkan omset.
    .
    Nah, dari penjelasan di atas, terlihat jelas bahwa ketiga aktivitas tersebut, semuanya menghasilkan omset.
    .
    Artinya:
    Di bisnis PT BEST Syariah ini tidak ada kewajiban untuk jual beli, tidak ada kewajiban untuk merekrut mitra. Anda bisa fokus pada salah satu aktivitas saja (misalnya fokus pada pembinaan mitra saja, tanpa pernah jual beli). Maka itu pun bisa mendatangkan omset.

* * *

Berikut adalah beberapa cara berjualan yang DISARANKAN di PT BEST Syariah.

1. Terapkan PCA 

Konsep PCA sudah dibahas pada artikel Cara Memulai Bisnis PT BEST Syariah. Silahkan dibaca jika Anda belum membacanya.

PCA adalah Pakai, Ceritakan, Ajak.

Di PT BEST Syariah, kita disarankan untuk hanya mempromosikan produk-produk yang sudah kita pakai sendiri, agar kita bisa memberikan testimoni alamiah.

Di bisnis ini, kita tidak diajak jadi salesman, di mana kita harus menjual produk yang bahkan tidak pernah kita pakai, lalu kita dikejar-kejar oleh target sehingga bikin stress. Oh tidak! PT BEST tidak seperti itu!

2. Fokus pada produk Eco Diesel atau Eco Farming 

Kenapa harus fokus pada kedua produk ini? Karena kedua produk ini bisa ditawarkan ke korporasi dengan transaksi hingga miliaran.

Eco Diesel adalah aditif BBM solar. Bisa digunakan untuk mesin apapun yang BBM-nya solar. Seperti bis, truk, genset, generator, kapal laut, dan sebagainya.

Banyak perusahaan yang memiliki mesin-mesin seperti itu. Misalnya: Pertambangan batubara pasti punya banyak truk. Atau perusahaan otobis pasti punya banyak armada bis.

Kita bisa menawarkan Eco Diesel pada perusahaan-perusahaan tersebut.

Adapun Eco Farming adalah pupuk organik super aktif yang bisa diaplikasikan pada tanaman apapun tanpa kecuali.

Saat ini, produk Eco Farming termasuk yang paling laris. Oleh karena itu, sangat disarankan agar Anda fokus pada Eco Farming.

Peluang besar Eco Farming antara lain adalah ke perkebunan kelapa sawit, atau ke petani yang punya berhektar-hektar lahan padi, dan sebagainya.

Fokus pada produk Eco Diesel dan Eco Farming akan membuka peluang bagi kita untuk mendatangkan omset ratusan juta hingga miliaran. Sehingga poin kita cepat bertambah, dan reward Pajero bahkan Luxury bisa cepat didapatkan. Mungkin hanya hitungan bulan!

3. Fokus pada rekrutmen dan pembinaan mitra 

Bagi Anda yang merasa kurang pintar jualan, bisa fokus pada 2 kegiatan lainnya, yakni rekrutmen dan pembinaan mitra. Sebab seperti yang dijelaskan di atas, semua aktivitas tersebut ujung-ujungnya akan menghasilkan omset juga.

Coba Bayangkan:

  1. Anda merekrut 100 orang mitra Basic, maka itu sama artinya Anda menghasilkan omset Rp 200 juta.
    .
  2. Anda merekrut 100 orang mitra Priority, maka itu sama artinya Anda menghasilkan omset Rp 6,2 miliar.
    .
  3. Anda serius membina para mitra, sehingga di jaringan Anda terjadi transaksi 100 FO Basic dan 200 paket RO 1,5 juta. Maka ini sama artinya Anda menghasilkan omset 350 juta.

4. Jual Beli sebagai Sasaran Antara Saja 

Kita tentu boleh menjual produk-produk PT BEST Syariah secara eceran ke teman, tetangga, saudara, dan sebagainya. Namun karena ini bisnis network marketing, maka jangan berhenti pada aktivitas jual beli saja.

Perlakukan aktivitas jual beli sebagai sasaran antara saja, sebagai langkah awal dalam membangun jaringan kemitraan.

Artinya: Selalu lakukan follow up terhadap mereka yang sudah beli produk. Ajak untuk gabung menjadi mitra PT BEST. Jelaskan apa saja keuntungan yang akan mereka dapatkan jika menjadi mitra.

5. Mitra = Konsumen 

Pada bisnis PT BEST Syariah, semua mitra adalah konsumen.

Artinya: Jika sudah punya banyak mitra, maka sebenarnya Anda tidak perlu pusing-pusing mencari pembeli dari luar sana. Anda bisa menjadi stokis atau agen atau distributor, dan para Anda akan menjadi pelanggan tetap Anda.

Inilah salah satu keunggulan bisnis network marketing, di mana kita sudah punya segmen pembeli yang sangat jelas da tertarget.

* * *

Catatan Penting:

SATU:

Kekuatan utama PT BEST Syariah adalah pada produk-produknya. Perusahaan ini bisa makin berkembang pesat, penyebab utamanya adalah karena produk-produknya berkualitas, bermanfaat, sehingga laris manis di pasaran.

Jika di atas ada saran untuk fokus pada rekrutmen dan sebagainya, itu bukan berarti bahwa rekrutmen merupakan kekuatan utama di bisnis ini.

Kekuatan utama kita tetap pada produk.

Saat seseorang gabung jadi mitra, dia sekaligus belanja produk. Artinya, omset akan bertambah jika ada mitra yang bergabung.

Setelah gabung, si mitra baru dan jaringan timnya akan terus bertransaksi FO, RO atau Upgrade, hanya jika produknya laris dan disukai oleh masyarakat. Jika produknya tidak bagus dan tidak laku, maka mustahil bisnis ini bisa berkembang pesat.

DUA:

Ada beberapa cara berjualan yang dilarang atau tidak direkomendasikan. Silahkan baca selengkapnya di sini.