Kok Bisa? Produk PT BEST Dijual MURAH di Marketplace?

Ya, Anda mungkin sering melihat di sejumlah marketplace, produk-produk PT BEST Syariah dijual dengan harga yang sangat murah. Misalnya Rp 80rb, bahkan Rp 35rb. Padahal harga resminya Rp 250rb.

Maka para mitra pun galau dan protes, “Jika seperti ini, kita bakal sulit bersaing. Gimana nih tindakan PT BEST? Kenapa kok diam saja? Ayo dong ditindak!”

Baiklah, Sahabat Sekalian, begini penjelasannya:

SATU:
Sebagian besar produk di marketplace itu PALSU. Jadi Waspadalah!

DUA:
Jika membeli di marketplace dengan harga yang jauh lebih murah, yang Anda dapatkan hanya sebatas itu saja. Anda tidak bisa dapat bonus bulanan, reward mobil cash, dan sebagainya. Dan jika ternyata produknya palsu, maka mungkin ada resiko yang bisa Anda terima (misalnya ada bahan berbahaya di dalam produknya, dst).

TIGA:
Bukan hanya produk PT BEST. Anda pasti sering menemukan produk Adidas KW, Samsung KW, Nike KW, dan sebagainya. Artinya, produk palsu memang ada di mana-mana. Yang dipalsukan bukan hanya produk PT BEST.

EMPAT:
Mari ambil hikmahnya. Ketika ada orang yang memalsukan produk, tujuan mereka adalah mencari profit (keuntungan finansial). Oleh karena itu, mereka hanya mau memalsukan produk yang laris dan berkualitas. Mereka tidak akan mau memalsukan produk jelek dan tidak laku Karena tidak ada untungnya bagi mereka.

Jadi, banyaknya produk PT BEST yang dipalsukan merupakan BUKTI NYATA bahwa produk-produk kita itu LARIS DAN BERKUALITAS.

LIMA:
Walau banyak produk palsu yang beredar, namun alhamdulillah produk-produk PT BEST (yang asli dan dipasarkan lewat jalur resmi) tetap laris manis. PT BEST tetap rutin membagi-bagikan reward dan bonus. Padahal produk palsu ada di mana-mana.

Ini artinya, PT BEST tidak terpengaruh oleh produk-produk palsu tersebut. Jadi sebenarnya, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Yuk Tetap Optimis!

ENAM:
Misalnya Anda sudah memprospek seorang teman. Dia sudah hampir gabung. Tapi tidak jadi karena dia melihat harga murah di marketplace.

Anda tak perlu sedih atau kecewa. Sebab orang seperti itu bukan tipe pebisnis. Mereka adalah murni konsumen yang mementingkan harga murah. Kalaupun gabung jadi mitra, kemungkinan besar mereka tidak akan menjalankan bisnisnya. Jadi, percuma juga orang seperti itu gabung.

Catatan:
Terhadap calon mitra yang mempermasalahkan harga murah di marketeplace, Anda cukup memberikan arguman seperti yang dijelaskan pada poin 2 di atas:

Jika membeli di marketplace dengan harga yang jauh lebih murah, yang Anda dapatkan hanya sebatas itu saja. Anda tidak bisa dapat bonus bulanan, reward mobil cash, dan sebagainya. Dan jika ternyata produknya palsu, maka mungkin ada resiko yang bisa Anda terima (misalnya ada bahan berbahaya di dalam produknya, dst).

Anda bisa menjelaskan bahwa bergabung menjadi mitra PT BEST, membeli produk asli lewat jalur resmi, dan menjalankan bisnisnya dengan serius, itu akan JAUH LEBIH MENGUNTUNGKAN ketimbang membeli produk murah di marketplace.

TUJUH:
Tidak semua orang mengutamakan harga murah. Banyak juga orang yang lebih suka produk dengan harga mahal. Sebab bagi mereka, harga mahal identik dengan kualitas dan keaslian. Harga murah justru bikin mereka ragu dan curiga.

Coba Simak:

Tas Gucci yang harganya Rp 40 juta tetap banyak yang beli.

Kopi di Starbuck yang harganya Rp 50rb pergelas tetap banyak yang beli.

Jadi apa yang perlu dikhawatirkan? TAK ADA.

Tindakan yang Dilakukan oleh PT BEST Syariah

Jangan dikira PT BEST Syariah diam saja. Selama ini, sudah banyak kok tindakan yang dilakukan oleh PT BEST untuk memberantas produk-produk palsu tersebut. Berikut beberapa di antaranya.

1. Video resmi, penjelasan dari PT BEST mengenai produk palsu.

1. Undercutting Price = Melanggar Hukum

Menjual produk dengan harga lebih murah dibanding harga resmi (undercutting price) termasuk melanggar hukum. Pelakunya bisa dipenjara. Simak penjelasannya pada video berikut.

3. Barcode Khusus

Untuk melindungi para mitra dari serangan produk palsu, PT BEST telah melakukan terobosan luar biasa, yakni memberikan barcode khusus pada setiap produk. Lewat barcode ini, kita bisa mengecek keaslian produk, juga melihat siapa pembeli pertamanya.

Berikut penampakan barcode khusus tersebut (panah warna hijau).

Berikut cara membaca barcode khusus tersebut, untuk mengecek keaslian produknya.

  1. Pada produk PT BEST yang ingin dicek, silahkan gosok pada bagian yang agak menonjol, untuk melihat nomor PIN yang tersembunyi.
  2. Silahkan masuk ke website best-world.id.
  3. Klik menu Produk & Bisnis.
  4. Pilih Cek Otentikasi Produk.
  5. Di halaman berikutnya, masukkan nomor Serial dan PIN produk pada isian yang tersedia, lalu ketik kode keamanan.
  6. Klik tombol check.

Setelah itu, Anda akan melihat hasilnya.

Perlu Diketahui:
Para seller di marketplace tidak akan berani menjual produk yang ada barcode-nya. Sebab lewat barcode tersebut, kita bisa melacak siapa pembeli awal. Dari informasi ini, PT BEST akan bisa menelusuri, siapa yang akan dilaporkan ke polisi.

4. Turun Tangan Langsung

Pihak manajemen PT BEST Syariah juga telah turun tangan langsung untuk memberantas produk palsu.

Berikut adalah posting pak Febrian Agung (owner PT BEST) yang melaporkan pelaku produk palsu tersebut ke polisi.

Manajemen PT BEST juga pernah berkunjung langsung ke kantor sejumlah marketplace, dalam rangka menjalin kerjasama untuk pemberantasan produk palsu dan undercutting price.

Namun sebaik apapun ikhtiar kita, faktanya produk palsu dan undercutting price memang sulit diberantas. Mereka akan terus ada, walau kita setiap hari memeranginya.

PT BEST Syariah telah melakukan ikhtiar terbaik dalam memerangi produk palsu dan undercutting price.