Takut Menghubungi Leader?

 

Oleh: Jonru Ginting

NB: Untuk Kepentingan Anda Sendiri, Yuk Baca Tulisan ini SAMPAI SELESAI Ya. Karena Tulisan Ini Sangat Penting.

Beberapa bulan lalu, saya chatting dengan seorang mitra, sebut saja namanya Bu A. Saya bertanya bagaimana perkembangan menjalankan bisnis Eco Racing.

Bu A menjawab, “Susah dapat mitra, Pak. Jualan juga susah. Tak ada yang mau. Kemarin sempat ada peluang nawarin Eco Farming ke perkebunan kelapa sawit. Tapi saya tidak pede karena belum ada ilmunya.”

Duhai! Saya kaget membaca curhat si Ibu. Lalu saya pun berkata, “Bu, di Eco Racing ini kita kerja tim, bukan kerja sendirian. Jika Ibu ada masalah, seharusnya cerita ke leader. Minta bantuan leader. Kalau perlu, minta ditemani ke perkebunan kelapa sawit tersebut.”

“O, boleh gitu ya?”

“Tidak boleh, Bu. Tapi HARUS,” jawab saya, sengaja dengan gaya bercanda.

“O, kirain tidak boleh. Saya awalnya mau menghubungi Pak Jonru, takut takut. Khawatir jika mengganggu.”

Yassalam! Saya mengelus dada!

* * *

Sahabat Sekalian, Mitra SSJ yang Baik,
Berangkat dari kejadian di atas, saya ingin menyampaikan satu hal:

Pada bisnis Network Marketing seperti Eco Racing, hubungan antara LEADER dan MITRA itu seperti orang tua dan anak. Leader adalah orang tua, mitra adalah anak.

Secara umum, ada DUA tugas orang tua terhadap anaknya, yaitu:

1. Ketika si anak masih kecil, orang tua mengasuh, membimbing, membantu dan mengarahkan si anak.

2. Mempersiapkan si anak untuk hidup mandiri. Sebab jika besar nanti, si anak akan punya keluarga sendiri, akan pergi meninggalkan orang tuanya. Jadi orang tua tidak boleh terlalu memanjakan anak. Orang tua tidak boleh membuat si anak tergantung pada orang tuanya.

* * *

Nah, Leader Anda adalah orang tua Anda di bisnis Eco Racing ini.

Ketika Anda belum pede dalam memprospek calmit, ketika Anda belum terlalu paham mengenai marketing plan, MAKA yang harus Anda lakukan adalah MENGHUBUNGI LEADER. Minta bantuannya. Minta bimbingannya. Minta arahannya.

Namun di sisi lain, Anda juga harus bisa belajar mandiri. Jangan sampai tergantung pada leader. Dikit-dikit minta bantuan leader. Kalau tak ada leader, Anda mandeg tidak bergerak. Nah, ini yang tidak baik.

Karena suatu saat nanti, Anda pun akan menjadi leader. Anda pun akan punya banyak mitra. Jadi Anda harus mempersiapkan KEMANDIRIAN Anda sejak sekarang.

(Sekadar INFO: Ada leader sukses bernama Imam. Beliau ini mantan pedagang es krim keliling. Dia termasuk anak “yatim piatu” di Eco Racing, dalam arti leadernya hilang, sponsornya juga hilang. Namun Pak Imam berpikir bahwa “Ini adalah bisnis saya sendiri”. Maka Pak Imam pun bergerak sendiri, belajar dari sana sini. Dia tidak mau tergantung pada siapapun. Dan sekarang Pak Imam sudah menjadi leader sukses).

* * *

Perlu diketahui bahwa seorang leader pun PUNYA KEPENTINGAN untuk membantu dan membimbing Anda.

Kenapa? Karena jika Anda dapat 10 poin dari transaksi belanja produk, maka leader Anda pun dapat 10 poin. Jika Anda dapat 100 poin, maka leader Anda pun dapat 100 poin.

Ini mengandung arti bahwa Jika Anda sukses, maka Leader Anda juga sukses

Jadi para leader pun SEBENARNYA punya kepentingan saat dia membantu Anda. Yakni kepentingan terhadap poin yang Anda dapatkan.

Oleh karena itu, tidak ada alasan sungkan atau takut menghubungi leader. Tidak ada alasan sungkan atau takut meminta bantuan dan bimbingan leader.

Sebab ketika Anda meminta bantuan leader, sebenarnya pada saat itu Anda sedang membantu si leader juga.

Membantu apa?

Membantu agar si leader tidak dapat gaji eh.. “poin buta”.

Bayangkan bila Anda aktif bergerak, mendapat 1000 poin, lalu 1000 poin tersebut mengalir juga ke leader anda yang tidak pernah bekerja. Anda tentu tidak rela seperti itu, kan?

Karena itu, yuk MINTA BANTUAN LEADER, agar poin-poin yang dia dapatkan menjadi berkah, karena itu adalah hasil dari ikhtiar dia dalam membantu Anda.

* * *

Nah, semuanya sudah jelas kan, sekarang?

Jadi MULAI SAAT INI, biasakan untuk minta bantuan leader. Aktif berkomunikasi dengan leader. Namun di sisi lain, Anda juga harus belajar mandiri, tidak tergantung pada leader.

NB: Sekadar info: Semua mitra yang di atas Anda (atau upline Anda) adalah leader Anda. Jadi leader Anda bukan hanya Jonru seorang.

Namun karena tidak semua leader itu aktif, belum semua leader punya prestasi, maka kita fokus pada leader yang sudah terbukti dapat reward saja.

Di tim SSJ ini, kita punya beberapa orang leader (SELAIN JONRU) yang siap membantu kita, yaitu:

1. Ustadz Taufik Hamim
2. Pak Suwito Prasojo
3. Pak Amri Yahya
4. Pak Mario Dona

Selain itu, kita punya TOP LEADER, yakni Ustadz Adam Ibrahim dan mas Randu Sektiwibowo. Mereka ini sangat sibuk, jadi saran saya tidak perlu menghubungi mereka secara langsung. Empat leader di atas pun, termasuk Jonru, sudah cukup untuk dimintai bantuan.

Semoga Bermanfaat, Salam Sukses Selalu!

Jonru Ginting
Leader Nasional Eco Racing
Founder Tim Sinergy Sahabat Jonru (SSJ)