Ternyata Inilah Penyebab Hemat atau Borosnya Bensin

Ternyata Inilah Penyebab Hemat atau Borosnya Bensin

Oleh: Jonru Ginting

@jonrugintingnew

Siang ini (23 Desember 2019) saya mampir ke service center Honda di dekat rumah, untuk komplain tentang motor saya – Honda Genio – yang sepertinya masih boros bensin.

Berdasarkan klaim Honda, pemakaian bensin untuk Honda Genio bisa mencapai 59,1 km per liter.

Berdasarkan testimoni sejumlah netizen di media sosial pun, pengalaman mereka adalah sekitar 50an km per liter.

Anehnya, untuk motor saya, hanya sekitar 25 sd 30 km per liter. Padahal sudah dicampur dengan Ecoracing. Coba kalau tak pakai Ecoracing, pasti jauh lebih boros, kan?

Maka saya pun menghubungi CS mereka untuk komplain. Alhandulillah, sambutan pihak Honda sangat baik. Saya diundang untuk datang ke kantor service center terdekat, bertemu langsung dengan tim AHAS dan kepala bengkelnya.

Foto bareng tim AHAS dan Kepala Bengkel Honda. Ini bukan salam politik, tapi Salam Satu Hati Honda πŸ™‚

Dari pertemuan inilah saya mendapatkan banyak ilmu. Ternyata ada banyak faktor yang menyebabkan hemat borosnya BBM di kendaraan kita, khususnya motor.

Contoh:
Arah angin
Cara mengenakan jaket
Cover atau casing kendaraan yang dicopot atau rusak
Posisi duduk kita saat mengendarai motor
Sering tidaknya kita menekan rem
Kondisi jalan raya
Beban (misalnya berat badan kita, berapa orang yang naik kendaraan, dst)
Dan beberapa faktor lainnya

Itu adalah faktor-faktor eksternal. Untuk faktor internal, boros tidaknya BBM bisa ditentukan oleh pengaturan setting mesin (yang saya sendiri kurang paham setting seperti apa, hehehe….).

Yang jelas, tadi mesin motor saya sudah di-setel sesuai dengan standar, dengan tujuan agar bensinnya menjadi lebih hemat.

Selain itu, motor saya juga sudah di-test drive. Hasilnya: Kondisi mesin masih normal, wajar, tak ada yang aneh-aneh.

Busi motor saya juga sudah dicek, ternyata bagian ujungnya (entah apa namanya) berwarna putih, yang merupakan bertanda bahwa bensinnya irit. Alhamdulillah, ini salah satunya pasti karena saya pakai Ecoracing hehehe… πŸ™‚

Jadi, apa yang menyebabkan bensin Honda Genio saya boros banget, jauh di bawah klaim Honda? Entahlah. Mungkin karena saya selama ini bawa motor masih suka takut-takut, mental kurang berani sehingga sering ngerem, dan sebagainya. Mungkin.

Tapi walau belum menemukan jawabannya, saya alhamdulillah mendapat ilmu baru yang sangat bermanfaat, sehubungan dengan faktor penghematan dan pemborosan bensin.

Saya pun merasa tercerahkan dan menemukan jawaban, kenapa dalam penghematan BBM oleh Ecoracing, angkanya bervariasi antara 30 hingga 50 persen? Ternyata (barangkali) faktor-faktor yang disebutkan di atas sangat ikut berperan.

Sekadar info: Ecoracing sebenarnya BUKAN produk penghemat BBM. Unsur hematnya itu sebenarnya hanya efek samping.

Jadi, cara kerja Ecoracing itu adalah: Dia pertama kali menaikkan RON sebanyak sekitar 5 oktan. Lalu dia melakukan perawatan terhadap mesin kendaraan kita. Setelah itu terjadi pembakaran sempurna.

Setelah semua hal tersebut tercapai optimal, maka terjadilah penghematan BBM sekitar 30 hingga 50 persen.

Karena itulah tidak heran, pada pemakaian pertama Ecoracing biasanya bensin di kendaraan kita belum ada efek hematnya. Namun tarikan enteng biasanya langsung terasa. Hematnya itu baru terasa pada pemakaian ke sekian, tergantung dari kondisi mesin kendaraan kita, apakah selama ini terawat atau tidak. (*)

Jonru Ginting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *